Tokyo (ANTARA) - Sejumlah seniman Indonesia dan Jepang berbaur menampilkan seni budaya kedua negara dalam Indonesia-Japan Friendship Festival 2024 di Yoyogi Park, Tokyo, Sabtu (19/10).

Mereka didatangkan baik dari Indonesia maupun Jepang untuk memeriahkan gelaran tahunan yang diadakan selama dua hari, di antaranya band J-Rocks, musisi asal Bali Balawan and Batuan Ethnic Fussion, Tokyo Lagu-Lagu Kai, Gondang Orchestra, Hiroaki Kato dan lainnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dalam sambutannya mengatakan ajang tersebut merupakan kelanjutan dari peringatan “Satu Hati” 65 tahun hubungan Indonesia dan Jepang.

“Tahun ini kita melangkah bersama lebih jauh,” katanya, memanfaatkan berbagai peluang dan kesempatan,” katanya.

Indonesia dan Jepang saat ini berada di bawah payung kerja sama Indonesia-Japan Comprehensive Strategic Partnership yang menaungi kerja sama di berbagai bidang, termasuk seni dan budaya.

Baca juga: KBRI Tokyo dukung penguatan literasi Bahasa Indonesia
Baca juga: Dubes: KRI Bima Suci refleksikan kuatnya diplomatik Indonesia-Jepang


Dengan jumlah diaspora Indonesia di Jepang sebanyak sekitar 180.000 orang, Heri menilai, Indonesia memiliki modal yang baik untuk memperkuat hubungan antarwarga (people-to-people contact) kedua negara.

“Diaspora Indonesia harus menjadi contoh warga negara asing yang menghormati budaya, tradisi, dan hukum yang berlaku di negara Jepang,” katanya.

Dia berharap diaspora Indonesia bersama seluruh diaspora lainnya termasuk warga ASEAN ikut aktif dalam berbagai kegiatan sosial-budaya di Jepang dan mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Jepang.

Dengan demikian, lanjut dia, akan tercipta pemahaman antar-budaya kedua yang lebih kuat dari kedua negara.

Baca juga: Dubes Heri: 2025 jadi momentum penting bagi diplomasi RI di Jepang

“Dengan adanya pemahaman antar-budaya di tengah-tengah masyarakat, kita semakin mantap melangkah bersama, isho ni aruku, untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat kedua negara,” katanya.

Selain penampilan kesenian, IJFF 2024 ini juga menghadirkan 90 gerai yang menjajakan makanan khas, produk kesenian, serta jasa layanan perbankan Indonesia.

IJFF perdana digelar kembali tahun lalu yang dihadiri sebanyak 75.000 pengunjung.

Sejumlah duta besar negara sahabat juga hadir, di antaranya Duta Besar Laos untuk Jepang Tuy Ry, Duta Besar Vietnam untuk Jepang Pham Quang Hieu dan perwakilan negara-negara ASEAN.

Baca juga: Badan sertifikasi halal Indonesia di Jepang HITO resmi diluncurkan
Baca juga: Dubes RI sambut baik pameran Jepang pajang karya seniman Affandi