Lampung Selatan (ANTARA) - Kepolisian Resor Lampung Selatan memperketat pengamanan di Pelabuhan Bakauheni Lampung menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.

"Jelang pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang akan digelar pada hari Minggu tanggal 20 Oktober 2024, kami perketat pengamanan," kata Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, di Kalianda, Sabtu.

Ia mengatakan, pelaksanaan pengetatan pengamanan di pintu masuk pelabuhan penyeberangan ke Pulau Jawa tersebut akan berlangsung selama dua hari.

"Mulai hari ini dan besok kami jajaran Polres Lampung Selatan akan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang menuju Pulau Jawa. Kegiatan ini merupakan antisipasi gangguan kamtibmas jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih," katanya.

Menurut dia, dalam pengamanan ini pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap semua jenis kendaraan serta penumpang hingga barang bawaan.

"Kendaraan, orang, barang semua dilakukan pemeriksaan. Ini juga untuk mengantisipasi terkait adanya upaya penyelundupan narkoba dan barang-barang yang mencurigakan lainnya," kata dia.

Dia menjelaskan, adapun waktu pelaksanaannya akan dibagi menjadi tiga waktu berbeda mulai dari pagi hingga malam hari.

"Untuk di Pos Gayam itu pagi dan sore hari saja karena memang kalau malam minim penerangan, untuk Pelabuhan Bakauheni itu tiga kali pada pagi, siang dan malam hari," ujarnya.