Surabaya (ANTARA) - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) bakal menggelar acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) 2024 di Hotel Harris dan Kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada bulan Desember.
"Acara tersebut akan mengusung tema ICMI Siap Berkontribusi Nyata Mewujudkan Indonesia Emas untuk Kemaslahatan Umat dan Bangsa," kata Ketua ICMI Korwil Jatim H Ulul Albab dalam keterangan diterima di Surabaya, Sabtu.

Ia mengatakan Silaknas 2024 bertujuan merumuskan program kerja satu tahun ke depan yang akan disinergikan dengan program pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Baca juga: Ketua ICMI: Sistem politik Indonesia perlu evaluasi total
"Kegiatan itu diharapkan bisa menjadi wadah bagi para cendekiawan Muslim Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa," kata Ulul.

Ulul menjelaskan acara tersebut akan berlangsung selama empat hari pada 5-8 Desember 2024 dan dihadiri lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari perwakilan organisasi wilayah ICMI seluruh Indonesia.

Sejumlah tokoh nasional diperkirakan akan hadir termasuk Presiden Terpilih Prabowo Subianto, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, beberapa menteri dan pejabat tinggi negara, serta pimpinan lembaga seperti DPR RI, MPR RI, dan DPD RI.

Baca juga: Hardiknas 2024, ICMI ajak masyarakat untuk terus belajar
"Para pimpinan perguruan tinggi dari berbagai universitas di Indonesia juga akan hadir, menunjukkan dukungan nyata dari kalangan akademisi untuk memperkuat sinergi antara pemerintah, cendekiawan, dan masyarakat," ujarnya.

Ulul berharap acara itu menjadi ajang strategis mempererat kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk pengusaha, industri, instansi, dan mitra lainnya, dalam mendukung pembangunan bangsa.

"ICMI mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan Silaksnas 2024 sebagai mitra maupun sponsor, guna mewujudkan visi bersama menuju Indonesia Emas 2045," tuturnya.

Baca juga: ICMI ucapkan selamat ke Prabowo-Gibran atas penetapan KPU