Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merekayasa lalu lintas sehubungan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada Minggu (20/10). "Untuk menunjang rangkaian kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, akan ada rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan mulai pukul 08.00-16.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Berikut rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan saat rangkaian pelantikan berlangsung:

1. Lalu lintas dari Arah Timur (Pasar Senen) ke Barat (Arah Tomang) dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Dr. Sutomo-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Katedral-Jalan Veteran-Jalan Suryapranoto-Jalan Balikpapan- Jalan Kyai Caringin-Jalan Tomang Raya dan seterusnya.

2. Lalu lintas dari Arah Barat (Tomang) menuju Arah Timur (Pasar Senen) dapat melalui Jalan Tomang Raya-Jalan Kyai Caringin-Jalan Balikpapan-Jalan Suryapranoto-Jalan Ir. Haji Juanda-Jalan Pos dan seterusnya.

Baca juga: Tarif Transjakarta, LRT dan MRT hanya Rp1 saat pelantikan presiden
3. Lalu lintas dari Utara ke Selatan dapat melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan M Ridwan Rais ke arah Rasuna Said dan seterusnya

4. Lalu lintas dari Utara ke Selatan dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambah-Jalan Prof. Dr. Sahardjo dan seterusnya.

5. Lalu lintas dari Arah Utara (Tanah Abang) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya

6. Lalu lintas dari Arah Barat (Slipi) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan Slipi I-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

7. Lalu lintas dari Arah Barat (Petamburan) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan KS Tubun-Jalan Kebon Jati-Jalan Facrudin-Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

Baca juga: Wakil PM Australia Marles akan hadiri pelantikan Prabowo-Gibran
8. Lalu lintas dari Arah Timur (Manggarai) menuju Arah Barat (Palmerah) dapat melalui Jalan Galunggung-Jalan RM Margono Joyohadikusumo-Jalan Penjernihan I-Jalan Penjompongan Raya dan seterusnya.

9. Lalu lintas dari Arah Barat (Palmerah) menuju Arah Timur (Manggarai) dapat melalui Jalan Tentara Pelajar-Jalan Palmerah Timur-Jalan Penjompongan Raya-Jalan Penjernihan I- Jalan RM Margono Joyohadikusumo-Jalan Galunggung dan seterusnya.

10. Lalu lintas dari Arah Timur (Pancoran) menuju Arah Utara (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya

11. Lalu lintas dari Arah Timur (Pancoran) menuju Arah Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Jenderal Gatot Subroto-Jalan Terusan HR Rasuna Said atau dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Woltermonginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Panglima Polim dan seterusnya.

12. Lalu lintas dari Arah Selatan (Blok M) menuju Arah Utara (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Panglima Polim-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Hang Lekir I-Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Bendungan Jatiluhur-Jalan Bendungan Hilir- Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya.

Baca juga: KAI alihkan 32 KA Gambir ke Jatinegara saat pelantikan presiden-wapres

Pada saat Presiden dan Wakil Presiden terpilih Periode 2024-2029 telah dilantik di Gedung DPR/MPR RI dan menuju Istana Merdeka, dilakukan pembukaan arus lalu lintas secara bertahap di Jalan Jenderal Gatot Subroto mulai dari segmen Simpang Kuningan sampai dengan Simpang Slipi Petamburan.
Syafrin mengimbau, kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan.

Selain itu, bagi para pengguna kereta api jarak jauh yang akan menuju Stasiun Gambir dapat menyesuaikan waktu perjalanannya.
"Patuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ujar Syafrin.

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 pada Minggu (20/10) di Gedung MPR/DPR RI Jakarta.

Baca juga: Pemprov DKI mematangkan persiapan teknis pelantikan presidenh
Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden 2014-2019 dan 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi).