Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang ingin mengisi libur akhir pekan, ada beberapa rekomendasi wisata dari Pemprov DKI yang bisa dikunjungi, mulai dari Jakarta Running Festival hingga pameran di Museum Bahari.

Berikut sejumlah acara gratis yang direkomendasikan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram @disparekrafdki untuk mengisi libur akhir pekan Anda.

1. Pameran Arsip 100 Tahun Sitor Situmorang: Wajah Tak Bernama

Siapa yang pernah mendengar nama 'Sitor Situmorang'? Atau paling tidak, siapa yang pernah mendengar istilah 'penyair angkatan 45'.

Bagi teman-teman yang pernah mendapatkan pelajaran Bahasa Indonesia, istilah itu pastinya tidak asing lagi.

Nah, Sitor Situmorang adalah salah satu penyair atau sastrawan legendaris dari 'angkatan 45' itu.

Dalam Rangka mengenang 100 Tahun Sitor Sitorus, Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin berkolaborasi dengan Yayasan Sitor Situmorang menyelenggarakan acara 'Pameran Arsip 100 Tahun Sitor Situmorang: Wajah Tak Bernama' di Galeri PDS HB Jassin Lantai 4, Gedung Ali Sadikin, Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No 73.

Bagi teman-teman yang ingin menyaksikan rekam jejak sastrawan legendaris Indonesia itu, mulai dari karya-karya, foto-foto atau kliping-kliping surat kabar yang menuliskan obituari dirinya, maka jangan segan-segan untuk datang.

Tenang saja, acara itu gratis, diselingi oleh diskusi-diskusi menarik dan dibuka mulai pukul 09.00 - 20.00 WIB.

2. Pameran Indonesia and the Amsterdam School: Merging Worlds in Architecture and Design

Kapan lagi kita lihat pameran khusus soal arsitektur dan desain yang menampilkan irisan serta keterkaitan erat antara kebudayaan Indonesia dengan Amsterdam?

Pameran Indonesia and the Amsterdam School: Merging Worlds in Architecture and Design bisa menjadi acara gratis di akhir pekan yang bisa Anda datangi.

Acara itu berlangsung mulai pukul 10.00 - 16.00 WIB di Erasmus Huis, Jakarta dan gratis.

3. Festival Museum dan Sejarah Jakarta

Bagi Anda yang ingin menyaksikan pertunjukan seni yang menceritakan sejarah Jakarta, maka Festival Museum dan Sejarah Jakarta di Taman Fatahillah, Kawasan Kota Tua, dapat menjadi opsi.

Festival ini menghadirkan berbagai kegiatan interaktif dan pertunjukan seni yang menceritakan perjalanan sejarah Jakarta.

Selain itu, Anda juga bisa ikutan tur keliling museum, pameran foto dan diskusi sejarah yang menarik. Acara ini gratis, alias tidak dipungut biaya dan dimulai pukul 09.00 WIB.

4. Pasar Bahagia Vol. 2 Kembali ke Akar

Ada lagi acara yang tak kalah menarik, khususnya bagi Anda yang suka gaya hidup sederhana dan ramah lingkungan.

Mengunjungi gelaran 'Pasar Bahagia Vol. 2 Kembali ke Akar' dapat jadi solusi bagi Anda di akhir pekan.

Pasar ini adalah tempat berkumpulnya berbagai komunitas yang merayakan gaya hidup sederhana dan kembali ke alam.

Anda dapat menikmati makanan sehat, produk lokal, serta berbagai kegiatan yang mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Acara dimulai pukul 10.00-18.00 WIB di Anindhaloka, Bintaro, Jakarta Selatan dan lagi-lagi gratis.