Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi meraih penghargaan untuk kategori Tokoh Wanita Penggerak Ekonomi dan UMKM Provinsi DKI Jakarta.

"Penghargaan ini juga merupakan wujud kerja keras dari jajaran pengurus Kadin Jakarta di bawah kepemimpinan Ibu Diana Dewi dalam memberikan pelayanan kepada para pelaku UMKM," kata Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Perekonomian dan Investasi Kadin DKI Mahir Bayasut dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, Ketua Kadin Jakarta meraih penghargaan tersebut karena dinilai berperan dalam mendorong kemajuan UMKM di wilayah Jakarta.

"Ini memicu semangat jajaran pengurus dan para pelaku usaha untuk lebih serius lagi dalam mendorong UMKM naik kelas," ujarnya.

Di sisi lain, tambah Mahir, hal itu juga memacu semangat Kadin Jakarta untuk membuat program-program yang mendorong UMKM naik kelas.

Lebih lanjut, Mahir mengatakan bahwa selama ini Kadin DKI selalu memberikan perhatian bagi pengembangan UMKM, baik melalui kegiatan maupun lokakarya digitalisasi maupun seminar.

Baca juga: Andi Azhar optimistis Anindya Bakrie bawa Kadin jadi mitra strategis

Baca juga: Diana Dewi kembali pimpin Kadin DKI Jakarta


"Kegiatan lainnya dengan orientasi agar UMKM terus bertumbuh, baik secara nasional maupun global," jelas pengusaha muda yang juga Ketua Umum Forum CSR Indonesia ini.

Sebelumnya, Diana Dewi menerima penghargaan dalam detikcom Award 2024, yang diadakan di Jakarta, Kamis (17/10).

Dirinya dinilai aktif melakukan transformasi digital kepada para pelaku UMKM, khususnya dari kalangan generasi muda.

Diana mengatakan bahwa digitalisasi menjadi kunci untuk bertahan dan maju di era teknologi saat ini.

Menurut Diana, saat ini banyak sekali platform digital yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. Mulai media sosial, berbagai software marketing, hingga yang terbaru teknologi artificial intelligence (AI).

Diana tidak sungkan membagikan tips suksesnya sebagai pengusaha melalui digitalisasi. Seperti optimalisasi peran media sosial dan loka pasar, memanfaatkan software penjualan untuk analisis data, dan secara berkala mengadakan penawaran menarik hingga menjaga interaksi dengan pelanggan.

"Saya memiliki visi agar bagaimana UMKM kita bisa terus berkembang, terutama yang dikelola oleh para kaum muda. Mereka punya chance untuk juga jadi perusahaan kelas dunia asal dibina secara benar dan terus diasah kemampuannya, terutama dalam konteks digitalisasi," imbuh Diana.

Baca juga: Arsjad Rasjid sebut proses persiapan Munas Kadin masih berjalan

Baca juga: Kadin usulkan tujuh kebijakan mencapai pertumbuhan ekonomi 8 persen