Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara (PB Sumut) menggelar pameran foto Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI guna mengingatkan kembali masyarakat tentang kesuksesan ajang olahraga nasional tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus mengatakan foto-foto yang dikurasi berasal dari fotografer ofisial PB PON yang menampilkan emosi dan momen penting selama PON 2024.

"Foto yang dipamerkan kurang lebih 132. Tentunya untuk mengingatkan kita kesuksesan PON 2024 khususnya di Sumut," ujar Ilyas usai pameran foto tersebut, di Medan, Jumat.

Ilyas membeberkan bahwa pihaknya memberikan kesempatan bagi seluruh elemen masyarakat untuk mengenang momen-momen penting pada perhelatan olahraga nasional itu yang dihasilkan dari karya sebuah foto

Baca juga: Gema "Tanah Airku" rangkum memori dari kompetisi akbar se-Nusantara

"Sesuai dengan tema ‘Saujana Arena dan Drama', yang memiliki arti sudut pandang yang digunakan fotografer dalam menangkap momen pertandingan pon. Itu kita berikan kepada masyarakat untuk kilas balik kesuksesan PON 2024," kata dia.

Ilyas yang juga menjabat Kepala Bidang Humas Publikasi Informasi PB PON Sumut ini menyebut pameran itu digelar sejak 18-27 Oktober 2024 yang melibatkan 47 fotografer yang bertugas dalam PON 2024.

“Pameran ini juga dirangkaikan dengan banyak kegiatan lain, seperti talkshow bincang atlet berprestasi Sumut dan kelas fotografi. Masyarakat bisa hadir langsung ke tempat ini bebas dan untuk umum,” sebut dia.

Selama PON 2024, Ilyas mengatakan bahwa pihaknya menghasilkan sebanyak 2.300 artikel berita, 6.000 foto berita dan 400 video yang tersaji melalui berbagai saluran informasi yang telah disediakan.

Baca juga: PON Aceh-Sumut 2024 resmi ditutup, giliran NTB-NTT untuk 2028

"PB PON Wilayah Sumut memiliki tim media yang terdiri dari 75 jurnalis ofisial, 21 editor berita, 47 fotografer, 35 kameramen, 15 editor video hingga 5 desainer grafis selama pon," kata dia.

Asisten Administrasi Umum Lies Handayani Siregar dalam kesempatan yang sama mengatakan pameran ini mengajak masyarakat untuk terus mendukung atlet-atlet Sumut serta mencintai olahraga.

“Pameran ini cerminan semangat PON yang tidak hanya sebatas kompetisi, tetapi juga ajang untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa kita. Selain itu pameran ini juga diharapkan dapat menginspirasi kita semua," ujar Lies Hamdayani.

Baca juga: KONI nilai PON XXI sukses karena banyak pecahkan rekor
Baca juga: Round-up - PON 2024 ruang refleksi menuju PON 2028 Nusa Tenggara