Jakarta (ANTARA) - Barisan Intelektual Strategi Objektif Nasional (Bison) meminta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur hingga sumber daya manusia (SDM). Hal itu diungkapkan Ketua Koordinator Nasional Barisan Intelektual Strategi Objektif Nasional (Bison), Ginka Febriyanti Ginting dalam Aksi Kongres Rakyat Indonesia di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Jumat.

"Tentunya kita berharap Pak Prabowo terus melanjutkan program-program berkelanjutan dari Joko Widodo. Yang paling utama pembangunan infrastruktur, yang kedua adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM)," katanya.

Menurut Ginka, Prabowo sudah sangat masif memberikan perhatian​​​​​​ kepada generasi bangsa untuk mempersiapkan Indonesia menuju Generasi Emas 2045.

Baca juga: Spanduk ucapan "Selamat Bekerja Prabowo-Gibran" marak di Jakpus
Selain itu, Ginka menyebutkan, kongres rakyat ini sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah menjabat selama sepuluh tahun dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin selama lima tahun.

"Kami juga menyambut pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kami menyampaikan harapan-harapan untuk Pak Prabowo dan Mas Gibran," ujar Ginka.

Selain orasi, terdapat panggung yang juga diisi dengan pertunjukan musik angklung dan kesenian daerah lainnya.

Ruas jalan yang mengarah ke Balai Kota DKI Jakarta dari arah Istana Negara sempat ditutup pihak Kepolisian lantaran adanya aksi tersebut.

Baca juga: Polisi siapkan kantong parkir bagi warga yang menyaksikan pesta rakyat

Ketua Koordinator Nasional Barisan Intelektual Strategi Objektif Nasional (BISON), Ginka Febriyanti Ginting di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza

Massa Aksi Kongres Rakyat Indonesia itu mulai tiba di kawasan Patung Kuda, Monas, sekitar pukul 15.40 WIB.

Sementara sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta Pusat dikerahkan ke lokasi untuk membersihkan sisa sampah yang tercecer di kawasan itu.
Setelah steril, petugas Kepolisian pun kembali membuka arus lalu lintas dari arah Istana Negara menuju Balai Kota DKI Jakarta. Arus lalu lintas pun kembali normal dan lancar.

Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10) mendatang.

Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden 2014-2019 dan 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi).