Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mendorong perusahaan bergabung dalam program wisata industri yang sedang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Saya kira wisata industri jadi kekuatan untuk Kabupaten Bekasi karena di sini banyak kawasan industri yang beroperasi. Kita dorong mereka untuk bergabung di program ini," kata Sandiaga di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jumat.

Sandiaga menyatakan sinergi antara pemerintah setempat dengan pengelola kawasan industri juga perlu ditingkatkan kembali agar program wisata industri bisa berjalan secara berkelanjutan dan semakin berkembang.

Menurut dia, apa yang telah dijalankan pemerintah daerah merupakan sebuah inovasi dalam mengembangkan potensi pariwisata lokal tinggal bagaimana menaikkan potensi tersebut menjadi peluang untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Karena output strategi pengembangan pariwisata adalah meningkatkan kualitas serta reputasi berdaya saing, inklusif dan berkelanjutan untuk mewujudkan ekosistem pariwisata terintegrasi yang mendorong pembangunan daerah juga peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Sandiaga Uno pamit kepada warga Bekasi selaku Menparekraf

Baca juga: Sandiaga Uno: Kota Lama Surabaya perpaduan revitalisasi dan inovasi

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif pada Kemenparekraf RI Oneng Setya Harini menambahkan wisata industri di Kabupaten Bekasi memiliki potensi besar untuk berkembang asalkan ada keseriusan dalam mengelola, termasuk menciptakan ekosistem pariwisata bernilai edukasi.

"Seperti paket edukasi ya karena banyak pabrik yang bisa dijadikan destinasi program ini untuk mengedukasi anak-anak sekolah selaku wisatawan. Perlu keseriusan dalam pengembangan jadi perlu ekosistem untuk mengembangkan pariwisata edukasi lewat program wisata industri," ucapnya.

Asisten Daerah 3 pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti memastikan komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan program wisata industri menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan baik pelajar maupun pengunjung dalam negeri hingga mancanegara.

Dirinya mengaku saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi baru menjalin kerja sama dengan puluhan dari total ribuan perusahaan yang beroperasi di wilayah itu.

"Berproses ya, ada kesiapan industri juga agar dapat dikunjungi wisatawan. Kita akan kembangkan dan aktifkan menjadi salah satu sumber penghasilan daerah karena mereka juga mencicipi kuliner kita, menginap di hotel wilayah kita maupun memakai jasa transportasi dari kita," kata dia.

Baca juga: Pemerintah siapkan dua skenario wacana perombakan Kemenparekraf

Baca juga: Pemerintah sebut kinerja kunjungan wisatawan sesuai dengan rencana