Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo melaporkan capaian-capaian yang telah dipenuhi dari penugasan yang diberikan Menkominfo.

“Kami telah menyelesaikan tugas kami dengan paripurna, terutama menyangkut dua isu besar di BAKTI Kominfo, yaitu BTS 4G dan HBS," kata Ketua Satgas BAKTI Kementerian Kominfo Sarwoto Atmosutarno di Kantor Kementerian Kominfo, Jumat.

Sarwoto menyampaikan bahwa untuk penanganan BTS 4G, Satgas mengawal penyelesaian total proyek 5.618 BTS 4G bernilai capex Rp12 triliun lebih dan opex sebesar Rp144 miliar lebih per bulannya.

Baca juga: Dijadwalkan meluncur akhir tahun, proyek satelit HBS dihentikan

Lebih lanjut dari target pembangunan 5.618 lokasi BTS 4G, BAKTI menyelesaikan sebanyak 5.321 pembangunan BTS dan sudah on-air atau beroperasi.

Sementara sisanya berjumlah 297 lokasi lainnya masih dalam tahap pembangunan karena berada dalam area kahar keamanan di Papua.

Membahas soal HBS, Satgas BAKTI Kementerian Kominfo juga telah merekomendasikan pengakhiran kontrak dengan pengembalian dana 100 persen dengan nilai sebesar Rp3,5 triliun.

Rekomendasi tersebut diikuti karena Satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1) telah beroperasi dengan normal tanpa kendala sebagai satelit utama.

Baca juga: Satgas BAKTI Kominfo ditarget selesaikan BTS 4G dalam satu tahun

"Anggaran tersebut telah dikembalikan dan direalokasikan untuk penyediaan remote terminal ground segment SATRIA-1, sehingga tidak membebani APBN rupiah murni,” kata Sarwoto.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengapresiasi kinerja dari Satgas BAKTI atas capaian-capaian tersebut.

Hal itu menurutnya merupakan perpanjangan tangan dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo memastikan pembangunan infrastruktur digital di Indonesia berjalan baik.

"Capaian ini merupakan hasil nyata kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo untuk memastikan keberhasilan pembangunan infrastruktur di Tanah Air. Oleh karenanya saya menyampaikan apresiasi kepada Satgas BAKTI Kominfo yang telah menyelesaikan tugas dengan sukses," kata Budi.

Baca juga: Satgas BAKTI harus kerja cepat selesaikan infrastruktur digital

Dalam masa-masa akhir pendampingan oleh Satgas, BAKTI baru-baru ini juga meraih penghargaan Best Transition Leader dalam ajang “GCG Awards 2024” yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan CNBC Indonesia.

Capaian tersebut menunjukkan perubahan signifikan yang dilakukan BAKTI dalam tata kelola dan praktik good corporate governance.

“Kami merasa sangat dibantu oleh rekomendasi-rekomendasi Satgas BAKTI yang beranggotakan unsur-unsur yang kompeten dalam bidangnya masing-masing di pemerintahan. Proyek BTS 4G berhasil dilanjutkan dan puncaknya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo akhir tahun 2023 lalu, salah satunya juga berkat rekomendasi dari Satgas,” kata Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar.

Baca juga: Menkominfo bentuk Satgas BAKTI Kominfo

Baca juga: Satgas BTS untuk percepat pembangunan infrastruktur digital daerah 3T