Jakarta (ANTARA) - Plt Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah mengatakan bahwa dekorasi acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pemilu 2024 pada Minggu (20/10) akan mengejutkan.

"Kita lihat surprise-nya nanti ya, jadi ruangan ini kelihatannya nanti akan berubah dan surprise, cantik tapi-nya," kata Siti di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan-nya ketika ditanyakan dekorasi apa yang dipersiapkan MPR RI dalam menggelar acara kenegaraan lima tahunan itu.

"Saya enggak berani ngomong takutnya nanti ada hal-hal lain yang berubah ya karena kan kayak tamu undangan dari kepala negara itu pun masih dalam konfirmasi, artinya itu masih hal-hal yang akan berubah, jadi belum fixed," ucapnya.

Dia pun memastikan bahwa secara desain, konsep dekorasi yang akan dipasang untuk acara pelantikan telah rampung sehingga hanya tinggal diimplementasikan pihaknya mulai hari ini, Jumat.

"Ya, yang pastinya desain (dekorasi) terus apa yang akan kami lakukan baik dari mulai gerbang bawah, drop off, sampai dengan tempat acara pelantikan ini sudah didesain sedemikian rupa, tinggal implementasinya," katanya.

Baca juga: MPR: Persiapan jalannya pelantikan presiden sudah terkondisikan

Baca juga: MPR gelar gladi kotor jelang pelantikan Presiden dan Wapres

Baca juga: TNI-Polri kerahkan total 115.000 personel amankan pelantikan presiden


Dia menambahkan bahwa hiasan bunga yang akan jadi salah satu unsur dekorasi acara pelantikan pun akan difinalisasi pada Sabtu (19/10) sore.

"Kalau bunga itu akan dipasang 19 (Oktober) sore, jadi 18 (Oktober) ini kami pasang rangka-rangkanya, tapi bunga yang cukup tahan lama sudah mulai dipasang. Finisihing-nya adalah di tanggal 19 (Oktober) sore," ujarnya.

MPR RI menggelar geladi kotor menjelang acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Kegiatan tersebut digelar mulai pukul 14.00 WIB di Gedung Nusantara, gedung berbentuk tempurung kura-kura yang menjadi ciri khas gedung parlemen tanah air. Karpet merah pun sudah terpasang mulai dari pintu masuk utama, hingga ke ruang rapat paripurna di lantai tiga gedung tersebut.

Gladi kotor itu mulai digelar dengan simulasi kedatangan para tamu kenegaraan hingga tamu VVIP. Simulasi itu digelar berulang-ulang menggunakan iring-iringan mobil, lengkap dengan motor pengawal.

Selain di area luar, gladi kotor juga berlangsung di dalam ruang rapat paripurna Gedung Nusantara. Di dalam ruangan itu, pasukan drum band dan grup pemusik juga beberapa kali melakukan latihan.