Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah kantong parkir bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pesta rakyat saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10).

"Tentunya parkir sudah kita tentukan di Senayan, di IRTI, di beberapa gedung yang ada di sekitar Sudirman-Thamrin bisa digunakan untuk parkir," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Latif mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memarkirkan kendaraandi lokasi sembarangan. Pihaknya tidak segan-segan akan menertibkan parkir liar yang menyebabkan kemacetan.

"Kalau bersikeras diri ya akan ada tindakan tertib parkir sembarangan," katanya.

Selain itu, pihaknya berharap masyarakat menggunakan transportasi umum agar tak terjadi kemacetan. Dia mengungkapkan bahwa LRT hingga TransJakarta tetap beroperasi selama pelantikan.

"Prioritasnya adalah silahkan datang ke Sudirman-Thamrin untuk menyaksikan panggung hiburan menggunakan angkutan umum. Ada LRT, MRT, Transjakarta, masih beroperasional," kata dia.

Baca juga: DKI siagakan ribuan petugas kebersihan saat pelantikan Presiden
Baca juga: Jakpus bersihkan Jalan Sudirman-Gedung MPR sambut pelantikan presiden
Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyemarakkan pelantikan presiden dan wakil presiden dengan kirab bendera serta panggung hiburan bagi masyarakat.

"Diperkirakan massa dari Jakarta Pusat sama pada saat kirab bendera dari tiap kelurahan pada Agustus lalu," kata Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekretariat Kota Jakarta Pusat Denny Ramdany di Jakarta, Kamis (17/10).

Menurut dia, ada sembilan lokasi panggung yang disiapkan. "Jakarta Pusat kebagian dua titik. Pertama, di Sarinah dan titik kedua Bundaran HI," katanya.

Denny menyebutkan, nantinya presiden terpilih akan berangkat dari Kartanegara sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat akan memastikan titik-titik yang ada di Jakarta Pusat.

Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10) mendatang.

Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden 2014-2019 dan 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi).