Los Angeles (ANTARA) - Lebih dari 10 juta warga California pada Kamis (17/10) mengikuti latihan kesiapsiagaan gempa bumi tahunan di seluruh negara bagian California, latihan gempa bumi terbesar di dunia.

Pada Kamis pukul 10.17 waktu setempat atau Jumat (18/10) pukul 00.17 WIB, warga California menghentikan kegiatan mereka, dan mempraktikkan teknik drop (merunduk), cover (menutupi), dan hold on (bertahan) serta tindakan perlindungan diri lainnya saat gempa bumi dahsyat terjadi.

Lebih dari 10,5 juta peserta mendaftar dalam latihan tersebut, yang bertajuk "Great California ShakeOut", menurut situs web penyelenggara.

Latihan kesiapsiagaan tahun ini bertepatan dengan peringatan 35 tahun gempa bumi Loma Prieta 1989, salah satu gempa paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah negara bagian tersebut.

Kantor Layanan Darurat Gubernur California (California Governor's Office of Emergency Services/Cal OES) meminta warga untuk bersiap jika terjadi gempa dahsyat di masa mendatang dengan berpartisipasi dalam latihan tersebut.

"Latihan drop, cover, dan hold on yang kami lakukan setiap tahun pada hari Great California ShakeOut membantu kami mempersiapkan diri, keluarga, ruang kelas, dan bisnis kami dalam menghadapi gempa bumi," kata Lori Nezhura, wakil direktur Perencanaan dan Kesiapsiagaan di Cal OES.