Jakarta (ANTARA) - Relawan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) yang tergabung dalam "Teman Kita" mentraktir makan warga Jakarta di 250 titik pada hari ini.

"Saya tadi mengunjungi beberapa titik rumah makan, di mana relawan Teman Kita berinisiatif mentraktir makan bagi warga Jakarta di 250 titik," kata Ridwan Kamil saat meninjau rumah makan yang dijadikan lokasi "Traktir Ridwan Kamil" di Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat.

Baca juga: KPU DKI monitoring pengiriman surat suara
Menurut dia, memberikan makanan gratis kepada warga Jakarta itu menunjukkan bahwa relawan Teman Kita mendukung program Presiden RI terpilih Prabowo Subianto, yakni makan bergizi gratis.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada relawan-relawan yang mengadakan makanan gratis itu.

"Mudah-mudahan dapat diterima oleh masyarakat. Kami berharap tidak hanya saat kampanye, tapi nanti dalam lima tahun ke depan kegiatan ini bisa dilakukan karena membawa rasa bahagia bagi warga Jakarta," kata kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Baca juga: KPU Jaksel gandeng Sudin KPKP untuk fumigasi lokasi logistik Pilkada
Apabila terpilih menjadi gubernur pihaknya akan memikirkan program makan siang gratis setiap Jumat.

"Sedang dihitung.Target marketnya siapa, tentu kita akan cari yang pas ya salah satunya ojek online (ojol). Intinya akan melengkapi program pak Prabowo," paparnya.

Di sela-sela kegiatan itu, Ridwan Kamil menyempatkan makan siang di rumah makan Padang bersama dengan relawan. Kang Emil makan siang dengan menu gulai kikil, opor telur, lalap daun singkong, dan kol serta sambal hijau.
Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil saat memberikan keterangan pers terkait program "Traktir Ridwan Kamil" di Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (18/10/2024). ANTARA/Syaiful Hakim/am.
Sementara itu, Ketua Relawan Bang Emil Teman Kita, Ghifari Fachrezi, mengatakan kegiatan Traktir Ridwan Kamil tidak hanya digelar di Jakarta Timur, melainkan diselenggarakan di 250 titik Jakarta.

"Kita targetkan 500 titik, namun hari ini hanya 250 titik. Mungkin pada Minggu (20/10) nanti ada 250 titik lagi. Untuk satu rumah makan beda-beda porsinya, ada 100 porsi atau lebih. Jadi kita manfaatkan relawan yang ada di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat," kata dia.

Ghifari menambahkan tidak ada tempat secara spesifik untuk pemberian makanan gratis itu.

Baca juga: KPU Jaksel siapkan TPS khusus di Jagakarsa dan Kebayoran Baru
"Ada rumah makan padang, warteg, bakmi. Jadi, kita berdasarkan UMKM yang dimiliki oleh relawan," tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.