Jakarta (ANTARA) - Hasan Nasbi, selaku Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan baru saja mengadakan kunjungan penting ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Selasa (15/10). Dalam pertemuan tersebut, Hasan menegaskan dukungannya secara penuh terhadap pemerintahan yang akan dipimpin oleh Prabowo.

Meskipun Hasan telah menegaskan akan menjadi bagian di pemerintahan Prabowo, ia belum menjelaskan secara rinci posisi yang akan dipegangnya. Namun, ia memberikan petunjuk bahwa dirinya kemungkinan besar akan tetap berkecimpung di bidang komunikasi sejalan dengan pengalaman profesionalnya.

Hasan Nasbi yang lahir pada 11 Oktober 1979, adalah seorang konsultan politik asal Indonesia yang saat ini memegang posisi penting sebagai Kepala Presidential Communication Office (PCO) sejak 19 Agustus 2024.

Terkait latar belakang pendidikannya Hasan menamatkan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia (FISIP UI) dan meraih gelar Sarjana Ilmu Politik pada 2004. Ketika berkuliah, Hasan merupakan seseorang yang aktif dalam berorganisasi ia menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat UI pada 2000 yang juga mengenalkannya pada dunia politik.

Hasan Nasbi juga memiliki latar belakang dan pengalaman yang panjang di sektor media dan riset. Pada tahun 2005 hingga 2006, ia bekerja sebagai jurnalis di harian Kompas dan juga pernah menjadi peneliti di Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia.

Pada tahun 2008, Hasan mendirikan lembaga survei bernama Cyrus Network. Ketika Joko Widodo maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012, Hasan berperan sebagai Koordinator Tim Relawan Jokowi-Basuki yang membuatnya memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi

Hasan Nasbi resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan pada 19 Agustus 2024. Kantor Komunikasi Kepresidenan merupakan lembaga yang baru dibentuk oleh Presiden Jokowi pada Agustus lalu melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2024 tentang pembentukan Kantor Komunikasi Presiden. Dalam posisi tersebut ia memiliki peran yang krusial dalam menjaga komunikasi yang efektif antara pemerintah dan masyarakat di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

Dengan pengalaman luas di bidang komunikasi politik, Hasan dinilai mampu membantu memastikan keberhasilan pemerintahan mendatang.


Baca juga: Profil Mugiyanto, aktivis 1998 calon wamen kabinet baru

Baca juga: Sosok Suahasil Nazara, kandidat wamen keuangan dalam kabinet Prabowo

Baca juga: Thomas Djiwandono, calon wamen keuangan dalam kabinet Prabowo