Depok (ANTARA) - Dua startup unggulan binaan Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) Universitas Indonesia (UI), Herlens dan Neupsi, membagikan rahasia sukses mereka dalam dunia startup pada acara Bootcamp UI Incubate 2024.

CEO Neupsi, Kenny Valentino di Depok, Jumat, mengatakan Bootcamp UI Incubate merupakan ajang penting untuk mengasah keterampilan para pendiri startup.

Baca juga: Dua startup inovatif UI masuk 15 besar YSSC

“Pertemuan antar-peserta startup adalah momentum penting untuk saling berinteraksi dan berbagi pengalaman serta membuka peluang kolaborasi di antara mereka,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya komitmen dan ketepatan dalam mengidentifikasi masalah. "Langkah pertama yang krusial dalam perencanaan adalah identifikasi masalah secara akurat dan spesifik, baru menawarkan solusi kepada sasaran yang dituju," ujar Kenny.

Neupsi, startup yang fokus di bidang neuropsikologi digital dan Herlens, pionir inovasi pencegahan kanker serviks, memberikan wawasan yang mendalam mengenai strategi penting dalam mengembangkan perusahaan rintisan.

Kedua startup tersebut telah membuktikan kiprah mereka di kancah internasional. Neupsi berhasil menjadi peserta di University Incubator Consortium (UNIIC) Ideathon 2024 di Palawan, Filipina, dan Herlens berkompetisi di berbagai ajang global, seperti Hult Prize Global Accelerator 2024 di Inggris.

Nabiel dari Herlens, turut memberikan pandangannya, menyoroti pentingnya pelatihan intensif seperti ini bagi startup yang sedang tumbuh.

“Membangun perusahaan tidak hanya sekedar menciptakan solusi, tetapi juga banyak aspek lain, seperti finance, marketing, hingga personal growth. Jika ingin berhasil dan sukses, ikuti kegiatan ini dengan baik agar produk yang diinovasikan bisa berkembang,” kata Nabiel.

Baca juga: UI tawarkan Startup LATIH pengalaman belajar edukatif dan kreatif

Baca juga: UI buka pendanaan produk inovasi dan startup 2024


Salah satu peserta bootcamp, Nanik, yang menjabat sebagai Chief Marketing Officer (CMO) Delvio, mengungkapkan antusiasmenya terhadap program ini.

“Pelatihan ini memberikan banyak materi yang membantu saya mengembangkan keterampilan di aspek marketing. Saya belajar banyak dari para praktisi dan teman-teman dari berbagai startup,” ujarnya.

Nanik berharap dapat memanfaatkan setiap peluang yang tersedia, terutama terkait pendanaan dari UI Incubate untuk mengikuti berbagai kompetisi internasional.