Batu (ANTARA) - Bea Cukai lepas ekspor perdana 8.196 kg produk kotak ikan dari plastik dan kayu asal Malang hasil produksi UMKM CV Delta Raya ke pasar Meksiko. Pelepasan ekspor ini dilakukan di Warung Kendedes, Kota Batu pada Senin, 14 Oktober 2024.





“Total ada 8.196 kg kotak ikan berbahan plastik dan kayu yang dimuat dalam 1 kontainer 40 feet. Lewat ekspor perdana ini, CV Delta Raya menghasilkan nilai devisa ekspor USD58.407.20,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Malang, Gunawan Tri Wibowo.




Menurut Gunawan, keberhasilan ekspor perdana CV Delta Raya adalah hasil kolaborasi dari berbagai pihak, baik pemerintah daerah maupun Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya. Beberapa pihak pun hadir dalam pelepasan ekspor ini, seperti Pemkot Batu, Bank Indonesia Malang, Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II, Disperindag Provinsi Jawa Timur, Universitas Negeri Malang, CV Delta Raya, buyer dari Meksiko, dan Warung Kendedes.




“Selain itu, kami juga mengapresiasi dukungan dari Duta Besar Indonesia untuk Meksiko atas kontribusinya dalam merealisasikan ekspor perdana ini.”




Dalam mendukung peningkatan perekonomian melalui ekspor, Bea Cukai Malang memiliki sebuah program bertajuk Klinik Ekspor. Berbagai langkah seperti asistensi, pendampingan, pengembangan dan pemberdayaan pun ditekankan agar UMKM di Malang dan sekitarnya dapat terus berkembang dan berorientasi ekspor.




“Ekspor perdana ini menunjukkan bahwa UMKM di Batu memiliki potensi besar untuk menembus pasar internasional. Semoga ekspor CV Delta Raya bisa berkelanjutan dan menjadi inspirasi untuk UMKM lainnya di wilayah Batu dan sekitarnya,” tutup Gunawan.