Jakarta (ANTARA) - Nama Jenderal (Purn.) Dudung Abdurrachman kembali mencuat setelah dikabarkan dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di jalan Kertanegara IV, Jakarta, pada Selasa (15/10).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini disebut-sebut akan mengisi salah satu posisi dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang akan memimpin Indonesia setelah menang dalam kontestasi Pilpres 2024.
Setelah pertemuan, ia mengungkapkan bahwa telah berdiskusi tentang strategi pertahanan dengan Prabowo Subianto. Namun, ia belum bisa memastikan jabatan yang akan diembannya dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran, karena informasi tersebut akan disampaikan langsung oleh Prabowo.

Lantas, Siapakah sebenarnya Dudung Abdurrachman? Dan bagaimana rekam jejaknya? Dengan demikian, berikut merupakan profilnya.

Profil Jenderal (Purn.) TNI Dudung Abdurrachman

Dudung Abdurrachman, yang lahir pada 19 November 1965 di Bandung, Jawa Barat, adalah purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) ke-33 dari tahun 2021 hingga 2023.

Karier militernya dimulai ketika ia mendaftar di Akademi Militer Magelang pada tahun 1985. Setelah lulus, ia ditempatkan di kecabangan infanteri. Selain berkarier di militer, Dudung juga meraih gelar S1 dari Universitas Krisnadwipayana Jakarta pada 2010, S2 dari STIE Makassar pada 2013, dan S3 dari Universitas Trisakti.

Pada tahun 2023, ia diangkat sebagai guru besar manajemen strategis di Sekolah Tinggi Hukum Militer AHM-PTHM. Selama berkarier di TNI, Dudung telah mengikuti berbagai pendidikan, termasuk Sesarcabif, Diklapa I, Dik Para, Diklapa II, Seskoad, Susdanyon, Susdandim, Sesko TNI, dan Lemhannas PPRA 52.

Selama berkarier di TNI, Dudung Abdurachman menjabat berbagai posisi penting, antara lain :

- Komandan Rindam II/Sriwijaya pada 2011-2012
- Wakil Gubernur Akademi Militer pada 2015-2016
- Wakil Asisten Teritorial Militer pada 2018-2020

- Gubernur Akademi Militer pada 2018-2020

- Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta pada 2020-2021
- Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat pada 2021-2022
- Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada 2021-2023.


Saat ini, Dudung dikabarkan akan menjadi calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran, dengan tugas mengurus bidang pertahanan. Setelah dipanggil ke rumah Prabowo di Kertanegara pada Selasa lalu, Dudung menyatakan bahwa Prabowo meminta dirinya untuk mengelola urusan tersebut, meski ia tidak merinci posisi yang akan diembannya nanti.