Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi berharap Teguh Setyabudi, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik, bisa turut menjaga stabilitas ekonomi di tengah hiruk pikuk pesta demokrasi Pilkada yang sedang berlangsung di Jakarta.

"Pj Gubernur yang baru (harus) bisa memastikan terjaganya ekonomi yang kondusif di tengah hiruk pikuk pesta demokrasi di Jakarta. Kami berharap gawean politik tidak mengganggu stabilitas perekonomian, baik mikro maupun makro," katanya dihubungi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Mengenal Teguh Setyabudi, Pj. Gubernur DKI Jakarta yang baru

Stabilitas itu ditunjukkan dari ekonomi Jakarta yang tumbuh sebesar 4,90 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada triwulan II 2024, meningkat dari triwulan sebelumnya sebesar 4,78 persen yoy. Adapun realisasi investasi Jakarta menjadi yang tertinggi se-Indonesia dengan capaian Rp71,35 triliun pada triwulan III 2024.

Menurut Diana, meski masa jabatan Pj Gubernur yang baru ini singkat, tugas utama mantan Direktur Jenderal Kependudukan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu cukup berat, yakni menyukseskan Pilkada Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Mendagri resmi lantik Pj. Gubernur DKI Jakarta dan Papua Tengah

"Pj Gubernur yang baru harus memastikan penyelenggaraan Pilkada Jakarta bisa berjalan aman dan damai," tuturnya.

Diana mengatakan dibutuhkan langkah-langkah konkret agar penyelenggaraan Pilkada serentak tidak sampai menimbulkan goncangan ekonomi.

Beruntung, pelaksanaan Pilkada serentak dilakukan setelah pelantikan Presiden-Wapres yang baru, sehingga koordinasi dengan pemerintah pusat bisa cepat dilakukan.

Ia juga mengharapkan kerja sama yang baik antara jajaran Pemprov DKI Jakarta dengan dunia usaha, termasuk Kadin DKI Jakarta.

Baca juga: Dirjen Dukcapil akan dilantik sebagai PJ Gubernur Jakarta Jumat besok

"Jadi, iklim yang kondusif menjadi hal penting yang harus diutamakan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta yang baru. Salah satunya bisa dengan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk Kadin DKI Jakarta," katanya.

Selanjutnya, Kadin DKI Jakarta menyampaikan terima kasih atas kerja sama baik dengan Heru Budi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Teguh Setyabudi resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Jumat. Selain Teguh, Mendagri juga melantik Anwar Harun Damanik sebagai Pj. Gubernur Papua Tengah.

Pelantikan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dirangkaikan dengan pelantikan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP PKK).

"Saya Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik saudara Teguh Setyabudi sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta dan saudara Anwar Harun Damanik sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah," kata Tito.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 125/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

Lalu, Keppres RI Nomor 154/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah.