Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren Lando Norris mengaku percaya diri bisa memperkecil margin poin dengan pemimpin klasemen sementara musim ini, Max Verstappen (Red Bull) pada Grand Prix Amerika Serikat yang digelar pada akhir pekan ini.

“Saya yakin jika kami tetap fokus dan terus berusaha, kami dapat memperkecil jarak, tetapi itu tidak mudah dan saya membutuhkan lebih dari sekadar saya (finis di) tempat pertama dan Max di tempat kedua (di GP Amerika Serikat),” kata Norris, dikutip dari laman resmi Formula 1, Jumat.

“Saya hanya perlu fokus pada diri saya sendiri dan menyerahkan sisanya kepada orang lain (tim),” ujarnya menambahkan.

Rasa percaya diri Norris pun muncul setelah meraih kemenangan dominan terakhir kali di Singapura. Kemenangan itu membuatnya mampu memperkecil keunggulan Verstappen di klasemen kejuaraan menjadi 52 poin.

“Setelah Singapura, saya hanya ingin terus melaju. Kami berada dalam ritme yang baik, saya pikir kami masih dalam ritme yang baik dan telah berlangsung cukup lama,“ kata Norris.

Baca juga: Leclerc masih optimistis untuk memperebutkan gelar juara dunia

Untuk balapan Grand Prix Amerika Serikat di Circuit of the Americas (COTA) mendatang, Norris mengatakan cukup optimistis bisa mencatatkan hasil yang positif.

“Dibandingkan dengan posisi kami di Singapura, saya rasa ini adalah akhir pekan yang lebih baik bagi kami,” ungkap Norris.

“Dengan penampilan kami tahun lalu dan dengan penampilan kami selama tiga, empat, lima balapan terakhir, saya rasa kami yakin di mana pun bahwa kami akan berada di puncak,” ujarnya menambahkan.

Hal lain yang menarik pada Grand Prix Amerika Serikat tahun ini adalah adanya format balapan pendek Sprint pada hari kedua.

Dengan ini, maka para pembalap hanya memiliki kesempatan melakukan latihan bebas satu kali saja, yakni pada Sabtu (19/10) pukul 00.30 WIB, diikuti dengan kualifikasi Sprint pada pukul 04.30 WIB.

Sesi Sprint berlangsung pada Minggu (20/10) pukul 01.00 WIB, dan kualifikasi balapan utama digelar pada pukul 05.00 WIB.

Sementara itu, balapan utama GP Amerika Serikat bakal bergulir pada Senin (21/10) pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Statistik GP Amerika Serikat di Austin

Baca juga: Mercedes hadirkan rangkaian pembaruan teknis jelang GP Amerika Serikat