Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin, Kamis (18/10), telah menjadi perbincangan publik, mulai dari sejumlah ketua umum partai yang menyambangi Prabowo, sampai KPU menyiapkan alat bantu berupa "template" dengan huruf braille bagi pemilih tunanetra di setiap TPS.

Berikut lima berita pilihan ANTARA yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Surya Paloh temui Prabowo, disusul Zulhas, Bahlil, Cak Imin, dan AHY

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menyambangi Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis, untuk bertemu calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto.

Kedatangan Surya Paloh pada pukul 14.13 WIB yang menumpang kendaraan Lexus berwarna hitam dengan nomor pelat 1788 ASC di Kantor Kemenhan RI, kemudian disusul Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Selengkapnya baca di sini

2. Jokowi angkat Teguh Setyabudi jadi Pj. Gubernur Jakarta gantikan Heru

Presiden RI Joko Widodo mengangkat Teguh Setyabudi sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta dan menggantikan pejabat sebelumnya Heru Budi Hartono yang telah bertugas sejak 2022.


Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 125P, tertanggal 16 Oktober 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan PJ Gubernur DKI Jakarta.
Selengkapnya baca di sini

3. Pemimpin Hamas Yahya Sinwar diduga meninggal akibat serangan di Gaza

Militer Israel menyatakan sedang memastikan kemungkinan pemimpin gerakan Hamas Palestina, Yahwa Sinwar, meninggal dalam sebuah serangan di Jalur Gaza.


Israel, dalam pernyataannya pada Kamis (17/10), mengatakan bahwa tiga warga Palestina terbunuh selama operasi gabungan yang dilancarkan oleh militer dan dinas keamanan Shin Bet.
Selengkapnya baca di sini

4. Pembekalan calon wamen Prabowo-Gibran diikuti 54 peserta


Pembekalan tugas calon wakil menteri kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di kediaman Prabowo, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, dihadiri sebanyak 54 peserta.
Salah satu calon wakil menteri yang juga merupakan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengaku diundang untuk mengikuti kegiatan pembekalan tugas di Hambalang sejak kemarin malam.

Selengkapnya baca di sini

5. Ketua KPU: Setiap TPS siapkan "template" braille untuk tunanetra


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin memastikan bahwa KPU seluruh provinsi dan kabupaten/kota akan menyiapkan alat bantu berupa template dengan huruf braille bagi pemilih tunanetra di setiap tempat pemungutan suara pada Pilkada 2024.
Ia menjelaskan template itu akan berbentuk semacam amplop yang bisa memuat surat suara sehingga memudahkan penyandang disabilitas untuk mencoblos.

Selengkapnya baca di sini