Jakarta (ANTARA) - Puluhan komunitas etnik di Jakarta mendeklarasikan untuk mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024.

"Sebanyak 22 komunitas etnik yang ada di Jakarta hari ini hadir dan semuanya mendukung Bang Ridwan Kamil," kata Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi 1982 yang juga perwakilan tokoh etnik, Zainuddin di Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Pria yang biasa disapa Haji Oding itu menilai pasangan RIDO memiliki pengalaman dan program yang sangat diperlukan bagi warga Jakarta.

"Kami sepakat dengan konsepsinya, jalan pikirannya, pengalamannya dan program-programnya. Maka semua etnik sepakat untuk deklarasi mendukung penuh pasangan Ridwan Kamil dan Suswono," ujarnya.

Haji Oding menyatakan siap membantu memuluskan jalan pasangan RIDO untuk menjadi pemimpin di Jakarta. Ia berharap Pilkada 2024 nanti berjalan satu putaran dengan kemenangan diraih Ridwan Kamil dan Suswono.

"Dengan target satu putaran. Ini sebuah deklarasi yang saya kira tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Animo seluruh tokoh-tokoh etnik di Jakarta demikian antusias," kata dia.


Baca juga: Dukung pelestarian budaya Betawi, RIDO bentuk Dana Abadi Kebudayaan
Sementara itu, Ridwan Kamil berharap dukungan dari 22 kelompok etnik itu akan lebih meyakinkan masyarakat Jakarta lainnya bahwa dirinya dan Suswono bisa membuat Jakarta menjadi kota maju dengan skala global.

"Ya, ini salah satu deklarasi yang paling mengharukan, paling membesarkan hati, dan merefleksikan identitas Jakarta. Hari ini deklarasinya itu tidak hanya satu, tidak hanya dua, tidak hanya lima, tidak hanya tujuh etnisitas, tapi tercatat 22 etnisitas yang ada di Jakarta mendeklarasikan dukungan," ujarnya.

Dia meyakini bahwa dukungan 22 kelompok etnik ini lantaran program yang dia usung bersama Suswono sejalan dengan keinginan mereka. Ridwan Kamil menyatakan akan menjadi pemimpin adil yang tak akan memihak terhadap satu golongan.

"Mereka memahami bahwa Jakarta adalah Indonesia, Indonesia adalah Pancasila. Ada sila ketiga, persatuan dan kesatuan. Dan RIDO akan menjadi pemimpin yang adil bagi semua golongan, arena ada pelestarian budaya, tidak hanya Betawi sebagai tuan rumah yang kita muliakan, tapi juga menjadi rumah dari seluruh etnisitas yang menjadi ciri Indonesia," kata mantan Gubernur Jawa Barat itu.

Baca juga: Nachrowi Ramli dukung RIDO di Pilkada Jakarta