Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) melalui Dinas Perhubungan setempat memberikan penghargaan kepada 14 perusahaan sektor perhubungan atas keberhasilan mendukung perhelatan MotoGP Mandalika 2024.

Penjabat Gubernur NTB Hassanudin, di Mataram, Kamis, mengatakan gelaran MotoGP pada tahun ke tiga ini lebih spesial karena profesionalitas seluruh pihak terkait serta dukungan infrastruktur yang lebih baik dari sebelumnya.

"Penghargaan diberikan atas kerja sama yang profesional dalam penyediaan moda transportasi selama pelaksanaan MotoGP seri Mandalika tahun 2024 pada September lalu," ujarnya.

Beberapa perusahaan yang mendapatkan penghargaan tersebut, di antaranya Perum Damri Cabang Mataram, Perusahaan Otobus Prima Jaya Cemerlang Sejahtera, PT Garuda Jaya Indonesia, CV Fajri Jaya Trans, CV Panca Sari, CV Balong Niat, PT Sumbawa Utama Express.

Kemudian, ada pula PT Kilau Buana Kencana, PT Titian Mas Jaya Abadi, PT Tiara Mas Transport, PT Sinar Rejeki Pribumi Sejati, PT Idola Samawa Travel, PT Qori Travel, dan PT Pertamina Patra Niaga.

Hassanudin mengungkapkan bahwa keberhasilan pelaksanaan MotoGP pada Sirkuti Mandalika yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, juga atas antusias masyarakat dari segi kuantitas maupun kualitas dan dukungan dari segala pihak.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu M Faozal mengatakan bahwa pelaksanaan MotoGP Mandalika tahun ini terbilang memuaskan dan tidak ada pihak yang mengajukan komplain.

Ajang MotoGP 2024 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada akhir September 2024, turut berdampak terhadap peningkatan jumlah penumpang pesawat udara.

PT Angkasa Pura I mencatat dalam satu hari ada sekitar 9.514 penumpang. Jika hari normal, jumlah penumpang pesawat terbang yang melalui Bandara Internasional Lombok hanya sekitar 6.000 sampai 7.000 penumpang.
Baca juga: InJourney Airports: 38.054 penumpang di Bandara Lombok saat MotoGP
Baca juga: ITDC: Kontrak MotoGP Indonesia dengan Dorna tinggal 7 kali