Jakarta (ANTARA) - Realme resmi meluncurkan ponsel gaming terbaru mereka yaitu Realme 13 5G yang mengandalkan chipset Mediatek Dimensity 6300 5G sebagai otaknya.

Ponsel ini hadir dengan RAM 12GB+14GB dan ruang penyimpanan 256GB. Realme mengklaim perangkat ini sebagai ponsel gaming yang menawarkan performa optimal di kelasnya.

ANTARA berkesempatan menjajal Realme 13 5G berwarna speed green dengan RAM 12GB+14GB dan ruang penyimpanan 256GB. Berikut pengalaman yang dirasakan setelah menggunakannya dalam sepekan.

Desain

Elegan, adalah kesan pertama yang dirasakan saat menggenggam Realme 13 5G. Dengan berat 190 gram dan dimensi 165,6 x 76,1 x 7,79mm, ponsel pintar tersebut terasa cukup ringan dan pas digenggam, baik secara horizontal maupun vertikal.

Ponsel yang ditujukan untuk penggemar game ini dibangun di atas layar LCD berukuran 6,72 inci, memiliki resolusi FHD+ 1.080 x 2.400 piksel, dengan refresh rate hingga 120Hz, touch sampling rate 240Hz, dan tingkat kecerahan 580 nits.

Layar tersebut telah didukung fitur eye comfort dan dark mode. Desainnya masih memiliki bezel yang mengelilingi layar. Adapun kamera swafoto "punch hole" disematkan di tengah atas layar.

Meski bukan layar AMOLED, visual yang disajikan tetap nyaman untuk mata. Refresh rate hingga 120hz membuat pengalaman menggulirkan layar dengan cepat kian menyenangkan.

Tampilan layarnya pun masih jelas meski dilihat di bawah sinar matahari. Ponsel ini juga disematkan teknologi rainwater smart touch yang membuat layar tetap bisa digunakan meski permukaannya basah.

Beralih pada bodi bagian belakang, terdapat tulisan Realme di bagian bawah bodi. Sementara di bagian tengah atas tersemat kamera belakang dan flash yang ditempatkan dalam modul berbentuk lingkaran dengan ukuran cukup besar.

Bagian bodi belakang terasa kesat saat digenggam. Selain itu, sidik jari juga tidak berbekas di bodi yang terbuat dari material plastik tersebut. ANTARA merasa nyaman saat menggenggam ponsel tersebut, terlebih terdapat motif marble yang menambah kesan elegan.

Realme turut menyertakan case bawaan yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap ponsel.

Terdapat input jack headphone 3.5mm, speaker, dan port USB type C pada sisi bawah ponsel. Sementara di bagian atas terdapat slot dual SIM dan speaker.

Adapun tombol pengatur volume dan daya diletakkan pada sisi kanan. Tombol daya tersebut sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari untuk membuka kunci ponsel.

Kamera

Realme menyematkan satu kamera swafoto berukuran 16MP di bagian depan dan kamera utama 50MP dengan dukungan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) di bagian belakang, serta kamera mono 2MP.

Hasil jepretan dengan kamera belakang Realme 13 5G tergolong mumpuni. Pengalaman berfoto dengan lensa utama 50MP dan dukungan OIS menghasilkan gambar yang tajam dan jernih.
Hasil kamera realme 13 5G (ANTARA/Fathur Rochman)
Hasil kamera realme 13 5G (ANTARA/Fathur Rochman)


Kamera tersebut juga tetap menghasilkan gambar yang tergolong tajam meski di lokasi yang kurang pencahayaan seperti pada malam hari.
Hasil kamera realme 13 5G (ANTARA/Fathur Rochman)



Hal yang sama juga dirasakan saat menjajal kamera swafoto. Hasilnya terbilang cerah dan cukup tajam. Tidak ada hal yang dirasa kurang untuk ponsel yang memang lebih mengedepankan performa ketimbang kemampuan kamera.


Performa

Keunggulan utama ponsel ini memang terletak pada performanya. Realme 13 5G menggunakan prosesor Mediatek Dimensity 6300 5G sebagai otak, dengan skor AnTuTu mencapai 460.000. Sementara kapasitas baterai yang disediakan sebesar 5.000mAh dengan pengisian cepat 45W.

ANTARA mencoba untuk "menyiksa" ponsel tersebut dengan memainkan sejumlah game. Game dimainkan dalam suhu ruang serta mengaktifkan fitur GT Mode untuk meningkatkan performa.

Ketika digunakan untuk bermain game "Honor of Kings" selama kurang lebih satu setengah jam, ANTARA menghabiskan daya sekitar 17 persen, dengan resolusi ultra.

Saat memainkan game tersebut, Realme 13 5G menunjukkan performa impresif. Frame rate-nya stabil di 60fps. Pengalaman bermain pun terasa mulus tanpa ada lag atau penurunan frame rate, bahkan saat banyak aksi terjadi di layar.

Dalam mode GT, gameplay terasa responsif dan stabil. Jalannya permainan menjadi kian seru dan nyaman secara visual. Suhu panas yang dirasakan juga tidak mengganggu permainan. Berdasarkan pengukuran menggunakan termometer, suhu terpanas pada ponsel berkisar di angka 39 derajat celcius.
Uji game di realme 13 5G (ANTARA/Fathur Rochman)


Pengalaman serupa juga dirasakan ketika menjajal game "Mobile Legends: Bang Bang". Saat digunakan bermain sekitar satu jam, daya yang dihabiskan sekitar 10 persen dengan kualitas grafis ultra. Jalannya permainan terasa mulus dan responsif.

ANTARA juga bermain game "Freefire" dengan pengaturan grafis tertinggi selama satu jam. Ponsel ini tetap mampu menjalankan game dengan lancar tanpa penurunan performa. Baterai pun hanya berkurang 12 persen.

Selama menjalankan tiga permainan tersebut, tidak terasa adanya "lag" ataupun sensitivitas layar yang menurun. Grafis yang terasa tajam serta pergerakan yang dinamis dan halus memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan.
Uji game di realme 13 5G (ANTARA/Fathur Rochman)
Uji game di realme 13 5G (ANTARA/Fathur Rochman)
Uji game di realme 13 5G (ANTARA/Fathur Rochman)
Uji game di realme 13 5G (ANTARA/Fathur Rochman)

Adanya fitur GT Mode membuat pengalaman bermain game terasa lebih optimal. Mode khusus tersebut membuka potensi penuh pada perangkat ini, terutama bagi para gamer. GT Mode merupakan fitur yang diadopsi dari ponsel kelas flagship Realme.

Dengan GT Mode, chipset mampu mempertahankan 60fps secara konsisten, bahkan dalam game dengan grafis berat sekalipun. Pengalaman gaming pun menjadi lebih mulus, stabil, dan bebas gangguan.

Realme 13 5G juga mampu menjaga suhu tetap dalam batas toleransi selama memainkan tiga game tersebut. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, suhu pada bagian layar ponsel rata-rata berkisar 37 derajat Celcius hingga 39 derajat celcius. Sedangkan di bodi belakang berkisar 36 derajat celcius hingga 38,9 derajat celcius.

Terjaganya suhu pada Realme 13 5G tidak lepas dari teknologi stainless steel vapor cooling yang disematkan. Sistem pendingin uap dengan luas 2249 mm2 ini memungkinkan ponsel mempertahankan performa puncak dengan suhu stabil.

Hal ini tidak hanya memberikan kenyamanan bagi pengguna tetapi juga memperpanjang umur komponen perangkat.

Pengisian daya pun terbilang cepat dengan dukungan 45W ultra fast charge. Berdasarkan hasil pengujian, ponsel ini mampu mengisi daya baterai dari 21 persen ke 100 persen dalam waktu 1 jam 6 menit.

Kesimpulan

Dari hasil pengujian yang dilakukan, Realme 13 5G terbukti merupakan ponsel gaming yang mumpuni. Keberadaan chipset kuat sebagai otak, membuat ponsel tersebut mulus menjalankan berbagai game yang dimainkan.

Grafis optimal yang dihasilkan serta sejumlah fitur seperti GT Mode dan teknologi stainless steel vapor cooling yang disematkan pada ponsel ini membuat ANTARA cukup terkesan.

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera pun dirasa sangat cukup untuk ponsel gaming kelas midrange. Desainnya juga tergolong elegan dan modern dengan modul kamera berbentuk lingkaran besar yang mencuri perhatian.

Daya tahan baterai dan pengisian cepat juga mendukung penggunaan yang panjang tanpa gangguan. Jika Anda adalah seorang gamer atau pengguna yang mengutamakan performa, Realme 13 5G adalah perangkat yang layak dipertimbangkan.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, ponsel gaming ini dibanderol dengan harga yang relatif ramah kantong. Realme 13 5G dijual dengan harga Rp3.799.000.

Semasa online flash sale pada 25 Oktober 2024 di semua kanal perniagaan elektronik seperti Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, Lazada, Blibli, akulaku, dan realme.com, ponsel ini dipasarkan seharga Rp3.599.000.