Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin bersama Konsulat Jenderal Australia di Makassar bekerja sama menghadirkan pameran bertajuk “Two Nations : A friendship is Born”

Pameran yang merupakan bagian dari perayaan ke-75 tahun hubungan diplomatik Australia dan Indonesia tersebut digelar di Pelataran AIC Lab, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Kamis.

Baca juga: Unhas gelar konferensi internasional bahas tata kelola maritim

Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih atas kolaborasi serta kepercayaan yang diberikan konjen Australia untuk menghadirkan pameran ini.

Menurutnya, pameran ini akan memberikan gambaran bagaimana hubungan sejarah yang terjalin antara Indonesia dan Australia.

“Ini bukan hanya pameran biasa, tapi menjadi bukti bagaimana peran dan hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Australia. Terima kasih atas kepercayaan yang selama ini diberikan untuk membangun dan menguatkan kemitraan Unhas bersama konjen Australia di Makassar dalam berbagai bidang,” jelasnua

Pada kesempatan yang sama, Konjen Australia di Makassar Todd Dias menyampaikan pameran ini menceritakan kisah dukungan Australia terhadap kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Unhas tekankan peran alumni kesmas mendukung pembangunan kesehatan

Pameran ini menampilkan koleksi kliping, foto, sketsa oleh seniman perang Australia Tony Rafty, hingga salinan surat resmi dari pemerintah dan warga negara Australia.

“Pameran ini menyoroti sejarah panjang dukungan Australia terhadap kemerdekaan Indonesia, dan kami senang membawanya ke Makassar. Ciri khas pameran ini adalah menunjukkan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia yang dibagikan pemerintah dan masyarakat Australia,” jelas Todd Dias.

Pameran ini berlangsung hingga 30 Oktober 2024 dengan menampilkan koleksi kliping, foto, sketsa hingga salinan surat resmi dari pemerintah dan warga negara Australia. Pada pembukaan pameran, turut hadir alumni IKAMA hingga mahasiswa Unhas.

Baca juga: CEO PT PAL Kaharuddin paparkan kebangkitan maritim di Unhas