Jakarta (ANTARA) - Anggota Bawaslu RI Totok Hariyono instruksikan jajarannya agar sigap dan responsif dalam menangani setiap laporan, temuan, ataupun informasi awal dari masyarakat terkait pelanggaran pemilihan.

Hal itu dilakukan untuk memastikan kampanye berjalan sesuai koridor hukum.

"Jangan ragu untuk segera bertindak jika ada informasi apapun dari masyarakat terkait pelanggaran. Semua harus ditangani secara cepat dan tepat. Kita harus tunjukkan bahwa Bawaslu ada untuk melindungi hak-hak pemilih," kata Totok dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk kepolisian dan kejaksaan, untuk memperkuat pengawasan di lapangan.

Menurutnya, respons cepat dan kolaborasi adalah kunci keberhasilan dalam menangani potensi pelanggaran.

Baca juga: Bawaslu-Kemendagri kerja sama tegakkan netralitas ASN

Baca juga: Bawaslu harap politik uang masuk kategori kejahatan serius


"Kita tidak bisa bekerja sendiri. Semua pihak harus terlibat, karena menjaga kualitas pemilu adalah tanggung jawab kita bersama," tambahnya.

Selain itu, dia juga meninjau langsung kesiapan Bawaslu Kabupaten Karawang dalam posko penerimaan laporan dan ketersediaan ruang sidang.

Dengan supervisi dan arahan langsung dari Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa tersebut, diharapkan potensi pelanggaran dapat diantisipasi dan proses demokrasi di Karawang tetap terjaga.