Jakarta (ANTARA) - La Lembah Manah merupakan cucu ketiga perempuan dari Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi, serta anak kedua dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Keluarga Presiden Jokowi kini memiliki tiga cucu perempuan dan tiga cucu laki-laki.

Di tengah kesibukan sebagai seorang kepala negara, Presiden Jokowi sering menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarganya, termasuk dengan cucu-cucunya. Momen kebersamaan tersebut kerap menjadi perhatian publik.

Tak hanya itu, di berbagai tugas negaranya, Presiden Jokowi terlihat sering mengajak cucu-cucunya, salah satunya saat sedang berkunjung ke pameran alutsista dalam peringatan HUT ke-79 TNI di Monumen Nasional, Jakarta, terlihat Jan Ethes dan La Lembah Manah turut hadir bersama sang kakek.

Nama La Lembah Manah ini memiliki arti yang berasal dari kosa kata Bahasa Jawa, seperti halnya nama-nama cucu Presiden Jokowi lainnya.

Nama ini mencerminkan harapan dan doa dari kedua orang tuanya agar sang anak tumbuh sesuai arti baik dari nama yang dimilikinya.

Bagaimana profil dan arti lengkap dari nama anak kedua Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, serta cucu ketiga Presiden Jokowi? Berikut penjelasannya.

Arti nama La Lembah Manah

La Lembah Manah lahir pada tanggal 15 November 2019, pukul 15.46 WIB di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jawa Tengah, melengkapi keturunan keluarga besar Jokowi.

Selvi Ananda, sang ibu melahirkannya dengan operasi cesar. Lahir dalam keadaan sehat serta memiliki berat badan 2,92 kg dengan panjang 46,5 cm.

Saat kelahiran La Lembah, turut ditangani oleh Menteri Kesehatan Dokter, Terawan Agus Putranto bersama tim dokter RS PKU Muhammadiyah.
Nama La Lembah Manah berasal dari kosa kata bahasa Jawa yang memiliki arti yang istimewa.

Saat kelahiran anak keduanya, Gibran Rakabuming menjelaskan arti dari nama anak kedua perempuannya ini.

Berawal nama dari kata "La" singkatan Bahasa Jawa yang artinya "Luwes anakku" atau "Lomo anakku". Kata tersebut termasuk kata sifat yang artinya fleksibel, mudah beradaptasi, murah hati, senang berbagi dan selalu ikhlas.

Sementara, kata "Lembah Manah" memiliki arti yaitu rendah hati.

Dari arti nama tersebut, dapat dimaknai agar anak mereka dapat tumbuh menjadi anak perempuan yang rendah hati, lapang hatinya, dan dapat menjadi kebanggaan keluarga.

Jika dilihat berdasarkan kalender Jawa, tanggal kelahiran La Lembah jatuh pada 17 Mulud 1953 wawu atau Wuku Wayang, Windu Segara, yang masuk weton Jawa "Jemuah Wage".

Karakter yang dimiliki weton Jawa "Jemuah Wage" ini diyakini memiliki kepribadian yang mengagumkan, menarik dan setia.

La Lembah Manah pun bersekolah di sekolah yang sama dengan sang kakak, Jan Ethes yaitu di Focus Independent School, Solo.
Sang ayah, Gibran Rakabuming yang terpilih sebagai Wakil Presiden 2024 dikabarkan sudah pindah ke Jakarta bersama keluarganya. Kedua anaknya pun sudah pindah sekolah, namun lokasi sekolah mereka yang di Jakarta belum diketahui.

Di usia yang masih belia, La Lembah Manah mulai menyukai hal musik. Selvi Ananda mengatakan bahwa anak keduanya ini sangat aktif bernyanyi dan bermain piano, walaupun masih asal-asalan selayaknya anak kecil yang bersenang-senang.