Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta institusi yang bergerak di bidang transportasi untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik.

Sebab, transportasi menjadi salah satu komponen penting dalam keberlangsungan suatu negara. Untuk itu, informasi mengenai transportasi harus tersampaikan dengan baik kepada rakyat.

“Transportasi itu penting. Kemakmuran suatu negara itu ditentukan oleh bagaimana kita mengerahkan transportasi. Jadi, penting untuk kita bisa mengomunikasikan apa yang kita lakukan dengan baik,” kata Menhub dalam Forum Komunikasi Kehumasan Sektor Transportasi Tahun 2024: Kolaborasi Satu Dekade Menghubungkan Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Menhub menilai banyak layanan dan teknologi institusi transportasi yang belum tersosialisasikan dengan baik di kalangan masyarakat. Maka, penting bagi institusi untuk memperbaiki cara pengemasan komunikasi publik.

“Kita sering menghadapi masa sulit, seperti ada kecelakaan transportasi dan sebagainya. Kita perlu mempelajari substansi dan bagaimana cara menyampaikannya,” ujar dia.

Dia mendorong tim komunikasi di tiap institusi untuk mempelajari konsep komunikasi yang dapat menjangkau masyarakat, misalnya dengan pendekatan yang menjual atau menawarkan selling point.

Selain itu, kunci penting lain yang juga perlu diterapkan adalah komunikatif, kolaboratif, dan menyampaikan dengan hati.

“Tidak asal ngomong. Jadi, kunci untuk mengatur komunikasi di masing-masing institusi itu pada dasarnya sama,” tuturnya.

Sebelumnya, Menhub menyatakan bahwa angkutan umum perkotaan di Indonesia telah berkembang sangat pesat dalam 10 tahun terakhir, dalam mendukung aksesibilitas dan mobilitas masyarakat.

Ia menyebut pembangunan transportasi perkotaan berperan penting dalam menggerakkan ekonomi dan menunjang mobilitas massa.

"Dalam 10 tahun terakhir ini, pemerintah telah memfasilitasi dilakukannya akselerasi transformasi transportasi perkotaan di Indonesia," ujar Menhub.

Baca juga: Menhub: Angkutan umum perkotaan Indonesia berkembang pesat di 10 tahun
Baca juga: Menhub ungkap Badan Bank Tanah permudah pengembangan Kota Nusantara
Baca juga: Menhub apresiasi BUMN-swasta bantu kembangkan prasarana transportasi