Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan bahwa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tidak mencari posisi dalam kabinet saat bertemu dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Kamis siang.

Dia mengatakan Surya Paloh memiliki cara berpolitik yang tak hanya berbicara soal lapak atau posisi jabatan, melainkan bagaimana cara untuk bisa tetap turut berkontribusi terhadap bangsa.

"Berpolitik itu perspektifnya Pak Surya bukan perspektif cetek. Pak Surya dan Pak Prabowo kan sama-sama alpha. Yang berpikir secara luas," kata Willy di Jakarta, Kamis.

Dalam konstelasi politik ke depan, menurut dia, Surya Paloh akan menampilkan cara berpolitik yang berbeda dari pandangan umum, dan tidak melihat politik secara sempit yang hanya berorientasi untuk mendapatkan sesuatu.

"Orang selama ini berpolitik untuk cari posisi. Tapi orang tidak bicara dedikasi, sacrifice (pengorbanan) dan itu ditunjukkan oleh seorang Surya Paloh," kata dia.

Dalam pertemuan dengan Prabowo, menurut dia, Surya Paloh didampingi Wakil Ketua Umum DPP NasDem Saan Mustopa, Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Vilktor B Laiskodat, serta Ketua Bappilu Partai NasDem Prananda Surya Paloh.

Adapun pertemuan tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun Prabowo, yang kini menginjak usia 73 tahun. Sejumlah tokoh publik pun pada Kamis ini telah mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menyambangi Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis, untuk bertemu calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto.

Kedatangan Surya Paloh pada pukul 14.13 WIB yang menumpang kendaraan Lexus berwarna hitam dengan nomor pelat 1788 ASC di Kantor Kemenhan RI, kemudian disusul Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kedatangan Surya Paloh di Kemenhan berlangsung cukup singkat. Hanya berselang kurang lebih 30 menit setelah mobilnya masuk Kemenhan. Kendaraan Lexus hitam yang ditumpangi Surya Paloh kemudian meninggalkan Kantor Kemenhan RI.
Baca juga: Surya Paloh temui Prabowo, disusul Zulhas, Bahlil, Cak Imin, dan AHY
Baca juga: Surya Paloh sebut Saan Mustopa jadi pimpinan DPR mewakili NasDem
Baca juga: Surya Paloh: Jatah kabinet tak jadi prioritas NasDem