Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) ditunjuk sebagai mitra resmi bank dalam acara Saudia Travel Fair 2024 yang diadakan pada 18-20 Oktober 2024 di Atrium Senayan City, Jakarta.

Direktur Retail Banking BSI Harry Gusti Utama menilai langkah tersebut mencerminkan upaya Perseroan untuk terus memperkuat kolaborasi guna meningkatkan Islamic Ecosystem, khususnya pada sektor haji dan umrah di dalam negeri.

“Untuk itu, BSI secara konsisten memperkuat ekosistem haji dan umrah melalui kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk asosiasi haji dan umrah yang membawahi sekitar lebih 2.600 travel di Indonesia. BSI juga secara konsisten terus dorong pelayanan haji dan umrah kami agar ekosistem Islami di dalam negeri dapat semakin kuat, kokoh, dan bermanfaat untuk semua,” kata Gusti dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Gusti mengatakan, keterlibatan BSI dalam acara ini tidak lepas dari posisi perseroan sebagai bank syariah terbesar di Indonesia dan memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan ekosistem haji dan umrah.

Ia menyampaikan, BSI berupaya untuk selalu mendukung dengan memberikan solusi layanan perbankan syariah pada ekosistem haji dan umrah.

“BSI terus berinovasi meningkatkan layanan dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan para jamaah dalam menjalankan ibadah umrah dan haji. Dengan demikian, diharapkan BSI dapat berkontribusi aktif dalam mengoptimalkan potensi ekosistem untuk kesejahteraan umat,” jelasnya.

BSI telah menjadi pilihan utama bagi para calon jamaah haji dan umrah. Hal itu terlihat dari tingginya volume pendaftaran jamaah umrah dan haji melalui BSI.

Menurut data aplikasi Siskopatuh, sebanyak 862.843 jamaah atau 95,2 persen dari total jamaah umrah Indonesia per Agustus 2024, melakukan pendaftaran melalui BSI.

Persentase ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2022, persentase jamaah yang mendaftar melalui BSI tercatat sebesar 85 persen dengan jumlah 910.365 jamaah.

Angka ini meningkat menjadi 88 persen pada 2023 dengan jumlah 1.191.924 jamaah.

Adapun per Agustus 2024, jumlah tabungan haji dan umrah BSI mencapai 5,3 juta atau sekitar Rp13 triliun tumbuh 17 persen secara tahunan (yoy). Ditargetkan hingga akhir tahun pertumbuhan tabungan haji dan umrah akan tembus 10 juta rekening.

“BSI berusaha memperkuat Islamic Ecosystem melalui sektor haji dan umrah. Melalui sektor ini, BSI berkomitmen mengoptimalkan potensi ekosistem untuk kesejahteraan umat dengan memfasilitasi masyarakat Indonesia beribadah umrah dan haji,” tuturnya.

Lebih lanjut, BSI menyediakan berbagai promo untuk nasabah yang bertransaksi selama Saudia Travel Fair 2024 dengan memberikan promo cashback up to 12 juta dan cicilan 0 persen dengan tenor 24 bulan menggunakan BSI Hasanah Card dan BSI Debit Visa.

Baca juga: BSI komitmen menjaga kualitas tata kelola perusahaan yang baik
Baca juga: Pertahankan kinerja positif, BSI lakukan empat strategi penguatan