Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 14 kendaraan taktis bersiaga di halaman kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, atau 3 hari menjelang Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029.

Berdasarkan pantauan ANTARA pada pukul 16.00 WIB, kendaraan taktis tersebut terdiri atas 10 unit Anoa 6x6 Armoured Personnel Carrier (APC) dan 4 unit Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV).

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto saat dihubungi di Jakarta, Selasa (15/10), mengatakan bahwa pihaknya mengerahkan pasukan dari tiga matra, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, untuk operasi pengamanan acara pelantikan Prabowo-Gibran menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI pada hari Minggu (20/10).

Kapuspen menjelaskan bahwa setiap satuan TNI yang dikerahkan menjalankan tugas-tugas khusus.

"Setiap satuan akan memiliki peran khusus seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VVIP/VIP guna menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung," kata Mayjen Hariyanto.

Mayjen TNI Hariyanto juga menekankan bahwa TNI bekerja sama dengan Polri dalam keseluruhan rangkaian pengamanan. TNI juga telah menyusun rencana pengamanan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan pengamanan acara.

"Rencana itu mencakup pengamanan area sekitar lokasi pelantikan serta pengaturan arus lalu lintas dan akses masyarakat," kata Kapuspen.

Dalam perencanaan yang sama, TNI juga menyiapkan langkah-langkah pencegahan terhadap berbagai jenis ancaman dan gangguan, termasuk pengawasan ketat di area-area yang berpotensi rawan.

Agenda Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029 dijadwalkan di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB.

Baca juga: TNI AU siapkan pesawat intai untuk patroli di Jakarta saat pelantikan
Baca juga: TNI AU kerahkan 4 F-16 kawal pesawat tamu negara datang pelantikan

Seorang prajurit memerhatikan kendaraan taktis yang sedang bersiaga di halaman kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2024). ANTARA/Rio Feisal
Belasan kendaraan taktis bersiaga di halaman kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2024). ANTARA/Rio Feisal