Jakarta (ANTARA) -
​​​​​Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin memastikan bahwa KPU seluruh provinsi dan kabupaten/kota akan menyiapkan alat bantu berupa template dengan huruf braille bagi pemilih tunanetra di setiap tempat pemungutan suara pada Pilkada 2024.

Ia menjelaskan template itu akan berbentuk semacam amplop yang bisa memuat surat suara sehingga memudahkan penyandang disabilitas untuk mencoblos.

"Kami memastikan semua TPS dalam Pilkada 2024 akan ada alat bantu itu," kata Afifuddin usai mengunjungi pabrik percetakan milik PT Inpera Pratama Indonesia yang memproduksi surat suara dan template braille di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis.

Menurut ia, alat bantu itu akan memudahkan penyandang tunanetra untuk mencoblos dan merupakan bagian dari upaya KPU membuat nyaman para pemilih pilkada.

"Jadi, jangan salah, surat suaranya sama semua, cuma nanti akan ada template untuk memudahkan saat dibaca karena menggunakan huruf braille dari alat bantu itu," ujarnya.

Baca juga: Ketua KPU cek langsung pencetakan surat suara untuk pilkada

Afif mengapresiasi perusahaan percetakan karena bisa memproduksi alat bantu tersebut mengingat tidak semua percetakan yang menjadi mitra KPU bisa membuat template untuk tunanetra itu.
Para pekerja PT Inpera Pratama Indonesia menyiapkan surat suara Pilkada 2024 yang akan dikirim ke wilayah tempat pemilihan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (17/10/2024). ANTARA/Donny Aditra
Direktur Utama PT Inpera Pratama Indonesia Lukat mengatakan produksi alat bantu itu sudah dilakukan sejak tahun 2019.

"Kalau alat bantu, kami membuat untuk 57 kabupaten/kota. Jadi, per kabupaten/kota dan per TPS ada satu alat," ujarnya.

Baca juga: KPU: Distribusi surat suara nasional untuk pilkada sudah 50 persen

Lukat menjelaskan perusahaannya memproduksi sebanyak 20.400.000 lembar surat suara untuk sejumlah kabupaten/kota di 11 provinsi, di antaranya Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Pegunungan, dan Kepulauan Riau.

Sedangkan secara keseluruhan surat suara yang dicetak untuk kabupaten/kota di dalam satu provinsi adalah untuk wilayah Sulut dan NTT.

Dalam kunjungan kerja ke Jawa Timur, Ketua KPU RI Mochamad Afifuddin mengecek dua lokasi yang memproduksi surat suara pilkada, yakni percetakan milik PT Antar Surya Jaya dan PT Inpera Pratama Indonesia, yang masing-masing berada di Kota Surabaya dan Kabupaten Pasuruan.

Kedua perusahaan itu menjadi mitra KPU untuk memproduksi surat suara di sejumlah wilayah Indonesia, di antaranya Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Papua Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Ketua KPU: Daerah terjauh prioritas pencetakan surat suara pilkada
Baca juga: KPU: TNI-Polri bantu distribusi logistik pilkada ke daerah terluar
Baca juga: Kenali surat suara Pilkada 2024, ini dia jenis-jenisnya