Jakarta (ANTARA) - Striker Bayern Muenchen Harry Kane memandang penunjukkan Thomas Tuchel sebagai pelatih baru timnas Inggris mulai 2025 sebagai keputusan yang tepat.

Kane, yang pernah bekerja sama dengan Tuchel di Bayern musim lalu yang membuatnya mencetak 44 gol dalam 45 pertandingan menilai pelatih asal Jerman itu pelatih yang sangat top.

"Saya pikir ini adalah penunjukan yang sangat bagus. Saya bekerja erat dengannya musim lalu dan saya pikir dia adalah pelatih yang sangat top, top, dan juga orang yang hebat," kata Kane seperti dikutip AFP pada Kamis.

Sayang pada musim lalu, produktivitas gol Kane tak diikuti trofi untuk The Bavarian.

Baca juga: FA ingin Tuchel bawa Inggris juarai Piala Dunia

Semasa era Tuchel, raksasa Jerman itu tanpa trofi dan ini pertama kali terjadi sejak 12 tahun.

Sementara itu, Tuchel menyatakan harus menjawab tantangan untuk mengakhiri penantian Inggris menjuarai trofi besar pertama sejak 1966.

Mantan bos Chelsea itu akan mulai bertugas 1 Januari 2025 dengan kontrak 18 bulan hingga akhir Piala Dunia 2026.

Pria berusia 51 tahun itu menggantikan Gareth Southgate sebagai pelatih Inggris setelah Euro 2024 dan menjadi manajer asing ketiga Inggris setelah Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello.

“Saya tahu ada beberapa trofi yang hilang dari federasi kita dan, tentu saja, saya ingin membantu mewujudkannya,” kata Tuchel.

Baca juga: Thomas Tuchel resmi tukangi Inggris mulai Januari 2025

Mantan pelatih Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain itu memiliki silsilah trofi yang dicari FA untuk membantu mengakhiri penantian 58 tahun menjuarai turnamen besar sejak Piala Dunia 1966 di kandang sendiri.

Puncak karier Tuchel terjadi saat mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Chelsea pada 2021.

“Kami akan membangun segala sesuatu yang telah dibangun oleh Gareth dan FA dan mudah-mudahan kami dapat menambahkan sedikit tambahan untuk mewujudkannya,” tambah Tuchel.

Tuchel akan dibantu oleh pelatih asal Inggris Anthony Barry, yang pernah bekerja bersamanya di Bayern.

Baca juga: Thomas Tuchel jadi manajer Timnas Inggris