Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menginginkan Inggris menjudari Piala Dunia 2026 bersama pelatih baru, Thomas Tuchel.

"Kami percaya Thomas memungkinkan Inggris melakukannya dalam Piala Dunia berikutnya (2026)," kata Ketua Eksekutif FA Mark Bullingham dalam laman FA di Jakarta, Kamis.

Menurut Mark, FA sangat serius dalam upaya menggapai juara dunia lantaran Inggris terakhir kali mendapatkan trofi tersebut itu pada 1966.

Dia menegaskan tidak mau sembarangan memilih pelatih. Mark berkisah, sebelum menunjuk Tuchel, FA menyeleksi lebih dari 10 pelatih top.

Baca juga: Thomas Tuchel resmi tukangi Inggris mulai Januari 2025

Dari serangkaian wawancara, FA menilai Tuchel kandidat yang paling menonjol.

Eks pelatih Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, Chelsea dan Bayern Muenchen itu dikontrak selama 18 bulan mulai Januari 2025.

"Dia memberikan visi yang jelas, misalnya bagaimana dia akan bekerja sama dengan pemain untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka dan akan memberikan kami peluang terbaik dalam usaha memenangkan Piala Dunia," tutur Mark.

Mark menyatakan FA senang dapat menyepakati kontrak dengan Tuchel pada 8 Oktober 2024.

FA juga senang dengan keterlibatan asisten pelatih berkewarganegaraan Inggris Anthony Barry dalam era Tuchel. Anthony adalah asisten Tuchel ketika menangani Chelsea dan Bayern.

Baca juga: Thomas Tuchel jadi manajer Timnas Inggris

"Kami sangat bersemangat untuk hal ini. Kami sudah menunjuk salah satu pelatih paling menarik di dunia dan salah satu pelatih muda terbaik Inggris," tutur Mark.

Mewakili FA, Mark mengucapkan terima kasih kepada pelatih timnas Inggris sebelumnya Lee Carsley yang menangani Three Lions pada enam pertandingan pasca-mundurnya Gareth Southgate.

Lee akan kembali menangani timnas U-21 Inggris yang dalam misi mempertahankan gelar juara Piala Eropa U-21 pada 2025.

Mark juga berterima kasih kepada Gareth Southgate dan asistennya Steve Holland untuk semua jerih payah mereka.

Baca juga: Thomas Tuchel jadi kandidat utama pelatih Timnas Inggris