Jakarta (ANTARA) - Pasti sudah tak asing dengan cucu laki-laki pertama Presiden Joko Widodo yang bernama lengkap Jan Ethes Srinarendra atau sering disapa Jan Ethes.



Jan Ethes bukan sosok yang asing bagi masyarakat Indonesia mengenalnya. Sejak kecil, Jan Ethes sering tampil di depan publik bersama kakeknya. Ia kerap terlihat menemani Jokowi dalam berbagai kegiatan, mulai dari acara kenegaraan hingga kegiatan santai.



Anak pertama dari Gibran Rakabuming juga pernah terlihat ikut bersepeda bersama Jokowi keliling wilayah Yogyakarta yang menarik perhatian masyarakat sekitar.



Saat Jokowi menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali ke 41 di Monumen Banjra Sadhi, Renon, Bali, terlihat Jan Ethes ikut menyapa masyarakat Bali yang menyambut kehadiran Presiden RI ke tujuh ini.



Tak jarang Jokowi pun sering mengajak Jan Ethes dan adiknya berkunjung ke wahana permainan anak-anak saat hari akhir pekan untuk berlibur bersama.



Tidak hanya bersama sang kakek saja, Gibran Rakabuming, ayah Jan Ethes sebagai Walkota Surakarta dan saat ini sebagai Wakil Presiden 2024 yang terpilih, kerap mengajak Jan Ethes dalam aktivitasnya.



Salah satunya saat penyelenggaraan Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam HUT RI ke-79 di Istana Merdeka, terlihat Jan Ethes ikut hadir bersama sang ayah yang kompak memakai baju adat Papua sambil memegang atribut tombaknya.



Sering melihat Jan Ethes dalam sorotan media, apakah sudah tahu profil dan arti nama cucu dan anak pertama dari Jokowi dan Gibran ini? Untuk mengetahui lebih dalam, berikut penjelasannya.



Profil dan arti nama Jan Ethes



Lahir 10 Maret 2016, di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta, yang merupakan anak pertama dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.



Memiliki nama lengkap Jan Ethes Srinarendra, saat hari kelahiran anaknya, Gibran memberi tahu arti dari nama yang dimiliki anak pertamanya itu.



Berasal dari Bahasa Jawa, kata “Jan” memiliki arti yaitu “sangat atau sekali”, “Ethes” yang artinya “cekatan”, sementara “Srinarendra” artinya adalah “pemimpin yang cerdas”.



Nama tersebut diberikan oleh Gibran, sebagai kakek, Jokowi pun juga turut ikut memberikan usul untuk nama cucu pertamanya.



Dengan arti nama tersebut, Jan Ethes Srinarendra menjadi harapan besar dari orang tuanya agar ia tumbuh menjadi anak laki-laki yang tangguh, cerdas, dan mampu menjadi pemimpin yang mulia di masa depan.



Jan Ethes pernah bersekolah di TK dan SD yang sama, yaitu Focus Independent School, Solo. Sekolah tersebut menjadi salah satu sekolah terbaik di Solo yang berkolaborasi dengan Cambridge Union Schools.



Kurikulum yang digunakan sekolah ini perpaduan antara kurikulum pemerintah yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum standar internasional yaitu Cambridge Curriculum.



Selama bersekolah, Jan Ethes termasuk siswa berprestasi yang pernah mendapatkan penghargaan dari sekolahnya dan dibagikan melalui unggahan Gibran pada tahun 2019 lalu. Ia pun meraih penghargaan Star Student dalam Pratical Life.



Selain itu, Jan Ethes yang menyukai olahraga basket dan taekwondo, nyatanya juga berprestasi dalam bidang tersebut. Dalam kejuaraan taekwondo di Sekolah Taekwondo Sanggar Buana, Solo, Jan Ethes juga berhasil menang dan meraih medali emas.



Semenjak terpilihnya Gibran menjadi Wakil Presiden 2024, Jan Ethes dan adiknya sudah pindah sekolah ke Jakarta, namun belum diketahui mengenai dimana Jan Ethes bersekolah di Jakarta.