Jakarta (ANTARA) - Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 akan menjadi ajang yang ditunggu-tunggu para pecinta otomotif roda dua.

Berbagai merek ternama siap membawa deretan produk unggulannya, dari motor listrik hingga sepeda motor konvensional, untuk memamerkan inovasi dan teknologi terkini mereka.

Tema "Riding Green and Safe Journey for A Better Life" akan menjadi sorotan dalam pameran tahun ini, sejalan dengan tren industri yang semakin beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Berikut sederet produk sepeda motor yang diperkirakan akan ditampilkan di pameran yang berlangsung mulai 30 Oktober hingga 3 November 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Banten itu.

Honda akan menampilkan zona khusus sepeda motor listrik. Setelah meluncurkan dua model terbaru, Honda Icon e: dan CUV e:, Honda semakin memperkuat jajaran motor listriknya yang kini sudah diisi oleh EM1 e: dan EM1 e: Plus.

Baca juga: IMOS 2024 semarak, diikuti lebih 60 ekshibitor hingga perluasan area

Selain itu, Honda juga akan menampilkan model skutik andalan seperti Honda BeAT, Vario Series, serta varian big skutik seperti PCX160 dan ADV160.

Bagi pecinta motor sport, Honda akan memamerkan CB150 Streetfire, CBR150, dan CBR250RR. Meski belum ada informasi resmi, ada spekulasi bahwa Honda mungkin akan meluncurkan motor baru pada pameran ini.

Yamaha akan memamerkan berbagai produk, salah satunya adalah teknologi dari Nmax Turbo. Selain itu, Yamaha juga akan menghadirkan Maxi Area dengan New Xmax Connected, serta zona motor klasik seperti Fino, New Fazzio, dan Grand Filano.

Bagi penggemar motor sport, Yamaha akan membawa R15 dan R25, dengan kemungkinan peluncuran varian baru dari R25 yang menjadi pembicaraan hangat.

Sementara itu, Suzuki tetap setia dengan jajaran skutik andalannya seperti Address, Nex-II, dan Burgman 125. Di segmen motor sport, Suzuki akan memboyong GSX-R 150 dan GSX-SF 250, serta motor petualang V-Strom 250 SX.

Baca juga: AISI: Pertumbuhan pasar sepeda motor capai 3,1 persen hingga Agustus

Motor legendaris Satria F150 juga akan tampil di IMOS tahun ini. Namun, Suzuki belum memberikan sinyal adanya peluncuran sepeda motor baru.

Kawasaki akan fokus pada jajaran motor sport 150cc dan 250cc, sekaligus diperkirakan akan memperkenalkan ATV terbarunya. Meski belum ada kabar resmi mengenai peluncuran motor baru, absennya Kawasaki di IMOS Plus 2023 membuat banyak pihak menduga bahwa mereka akan memperkenalkan sesuatu yang baru di IMOS 2024.

Sementara itu, TVS akan menghadirkan berbagai model matik klasik dan modern seperti Intelligo dan Callisto Series, serta motor bebek seperti Rock, XR, dan AM1. Pada zona motorsport, TVS akan menampilkan Max, Apache**, dan Ronin.

TVS juga terus mengembangkan teknologi motor listriknya melalui iqube, serta rencana membawa satu motorsport baru dan motor listrik lainnya untuk IMOS tahun ini.

Perusahaan yang fokus pada teknologi motor listrik Electrum akan menampilkan inovasi terbaru dari ekosistem kendaraan listrik, termasuk teknologi baterai dan sistem pengisian dayanya. Spekulasi beredar bahwa mereka juga akan memperkenalkan motor listrik baru di pameran ini.

Bagi pecinta motor klasik, Scomadi akan merayakan setahun kehadirannya di Indonesia dengan menampilkan koleksi motor klasik modern. Mereka belum memberikan tanda-tanda mengenai peluncuran produk baru.

Baca juga: AISI sebut industri motor listrik hadapi tantangan penerimaan konsumen

Tak ketinggalan, Royal Enfield akan membawa motor-motor klasik ikoniknya seperti Bullet 350 dan 500, serta motor petualang Himalayan 450. Motor sport Hunter dan Continental juga akan turut dipamerkan.

Royal Enfield mungkin akan meluncurkan edisi spesial untuk menambah daya tarik di IMOS tahun ini.

Selain merek-merek besar tersebut, jenama sepeda motor lainnya juga akan memeriahkan IMOS 2024, membawa produk-produk terbaru yang siap memikat hati pengunjung.

Tidak hanya kendaraan, industri pendukung seperti produk ban, apparel, pelumas, hingga suku cadang juga akan hadir untuk meramaikan IMOS 2024.

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala berharap IMOS 2024 akan menjadi tempat bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh ragam teknologi sepeda motor, baik yang berbasis mesin konvensional maupun listrik.

"Kami berharap IMOS bisa jadi wadah pengenalan ragam teknologi terbaru sepeda motor di Indonesia," kata Sigit.

Baca juga: Tips aman berkendara dengan sepeda motor listrik

Baca juga: AISI: Ekonomi yang stabil tumbuhkan pasar sepeda motor nasional 2023