Jakarta (ANTARA) - Nama Immanuel Ebenezer, yang akrab disapa Noel, kembali menjadi sorotan setelah dipanggil oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya. Immanuel, Ketua Umum Jokowi Mania (Joman), disebut-sebut akan menempati salah satu posisi strategis di kabinet Prabowo-Gibran, seiring dinamika politik pasca Pemilu 2024.

Prabowo memanggil beberapa nama tokoh ke kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin dan Selasa (14-15/10). Pemanggilan tersebut bertujuan untuk finalisasi pembentukan kabinet Prabowo-Gibran pada periode 2024-2029.

Setelah pertemuannya dengan Prabowo pada Selasa lalu, Immanuel menyatakan bahwa ia akan menjabat sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kendati demikian, siapakah sosok Immanuel Ebenezer yang disebut-sebut akan menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan? Berikut profil dan rekam jejak lengkapnya.
Sosok dan rekam jejak Immanuel Ebenezer

Memiliki nama lengkap Immanuel Ebenezer Gerungan, lahir di Riau pada 22 Juli 1975. Ia merupakan Ketua Relawan Jokowi Mania (Joman) dan lulusan sarjana sosial dari Universitas Satya Negara Indonesia.

Pria yang sering di sapa Noel ini aktif mendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 dan pada 12 Juni 2021 dirinya diangkat sebagai Komisaris Utama PT Mega Eltra, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia.

Perusahaan milik negara ini adalah anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang beroperasi di bidang perdagangan, jasa konstruksi, keagenan, dan industri cat. Namun, masa jabatannya sebagai Komisaris BUMN tidak bertahan lama, karena pada 2022, Immanuel Ebenezer dicopot dari posisinya.

Pada Pilpres 2024, Jokowi Mania awalnya mendukung Ganjar Pranowo, bahkan sebelum PDIP mengusung calon presiden. Namun, dukungan ini menyebabkan ketegangan antara Jokowi Mania dan PDIP, sehingga muncul relawan Ganjar Mania.

Tiba-tiba, Jokowi Mania mengalihkan dukungannya dan manuver memberi dukungan kepada Prabowo Subianto dan membubarkan Ganjar Mania. Dukungan terhadap Prabowo semakin menguat setelah Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi, dicalonkan sebagai wakil presiden.

Noel memberikan dukungan penuh kepada pasangan Prabowo-Gibran dan bergabung sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Keputusan ini mencerminkan komitmennya untuk mendukung arah politik baru yang diusung oleh pasangan calon tersebut.