Jakarta (ANTARA) - Nama Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, kembali menjadi sorotan setelah mendapat undangan bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kediamannya Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (15/10). Pertemuan ini disebut-sebut terkait rencana finalisasi pembentukan kabinet Prabowo-Gibran. Kartika Wirjoatmodjo, yang akrab dipanggil Tiko, bukan sosok baru dalam jajaran pemerintahan. Sebagai Wakil Menteri BUMN sejak 2019, ia telah berperan besar dalam mengawal berbagai program transformasi BUMN di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Kendati demikian, setelah pertemuannya dengan Prabowo di Kertanegara, belum ada kepastian mengenai jabatan apa yang akan diberikan kepada Kartika. Lantas, siapakah sebenarnya sosok Kartika Wirjoatmodjo? Berikut profilnya.

Profil Kartika Wirjoatmodjo

Lahir di Surabaya, 18 Juli 1973, Tiko meraih gelar sarjana di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi, Universitas Indonesia pada 1996, dan melanjutkan pendidikannya dengan memperoleh gelar Master of Business Administration (MBA) dari Erasmus University Rotterdam pada 2001.

Dirinya memiliki rekam jejak panjang di sektor keuangan. Sebelum bergabung dengan Kementerian BUMN, Tiko pernah menjabat Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. pada 2016-2019, dan sebelumnya sebagai Direktur Finance & Strategy pada 2015-2016.

Tiko sempat menjabat sebagai Kepala Eksekutif dan Anggota Dewan Komisioner di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada 2014-2015, serta pernah menjadi Presiden Direktur dan CEO PT Indonesia Infrastructure Finance.

Sejak 2019 hingga saat ini, Tiko menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dirinya sangat berperan penting dalam mengawasi berbagai program strategis di Kementerian BUMN.

Kearifan Tiko sebagai Wakil Menteri BUMN membuka peluangnya kembali masuk dalam kabinet selanjutnya setelah dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara. Namun, hingga kini belum diketahui posisi apa yang akan diembannya.