Ambon (ANTARA) – Bea Cukai turut hadir dalam pelepasan ekspor perdana 15,83 ton komoditas gurita beku oleh PT Celebes Ocean Fisheries ke negara tujuan Meksiko. Kegiatan seremoni pelepasan ekspor tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada Selasa (15/10).





Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, Sodikin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peningkatan jumlah ekspor merupakan salah satu penunjang perekonomian negara di tengah kondisi perekonomian dunia yang sedang lesu akibat perang. Ekspor perdana gurita beku yang dilaksanakan ini jelas berpengaruh pada peningkatan perekonomian di Maluku.




“Komitmen dan prioritas kami (Bea Cukai) dalam pelayanan ekspor adalah mendukung komoditas dari Maluku agar bisa bersaing di pasar dunia. Harapannya, ke depan semakin banyak produk dari Maluku yang diekspor,” ujar Sodikin.




Sodikin merinci total komoditas yang diekspor berjumlah 1.131 karton dengan berat 15.897,3 kilogram dan total nilai ekspor sebesar USD69.232,5. Seluruh komoditas ekspor diangkut menggunakan KM Meratus Pangkal Pinang dengan negara tujuan ekspor ke Tamaulipas, Meksiko.




“Keberhasilan ekspor perdana PT Celebes Ocean Fisheries merupakan buah dari sinergi dan koordinasi baik antarinstansi dan pemerintah daerah Maluku. Kami berharap ekspor gurita beku dari Maluku terus berjalan secara kontinu, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Maluku,” pungkas Sodikin.