Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah ibu kota provinsi hujan ringan pada Kamis.

Prakirawan BMKG Nurul Izzah Fitria pada kanal Youtube yang diikuti di Jakarta menyampaikan, dimulai dari wilayah Sumatera, cuaca di Kota Padang umumnya berawan tebal, sementara di Tanjung Pinang dan Banda Aceh terdapat potensi hujan ringan.

“Kemudian di Medan terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang, dan perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir bagi yang berada di wilayah Pekanbaru,” katanya.

Masih di wilayah Sumatera, cuaca di wilayah Pangkal Pinang, Lampung, dan Bengkulu umumnya berawan tebal, sedangkan Palembang diprediksi adanya udara kabur, dan perlu diwaspadai adanya hujan disertai petir di wilayah Jambi.

Beralih ke Pulau Jawa, untuk Kota Jakarta, Serang, Semarang, dan Surabaya, cuaca umumnya berawan tebal.

“Sementara Kota Bandung dan Yogyakarta diprediksi cuaca umumnya berawan,” ucapnya.

Baca juga: Hari ini Jakarta berawan
Baca juga: BMKG ungkap pemicu cuaca terasa terik di NTB


Selanjutnya beralih ke Pulau Bali serta Nusa Tenggara, cuaca diprakirakan berawan untuk wilayah Mataram, sedangkan Kupang cerah berawan, dan Denpasar berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

"Kemudian beralih ke Pulau Kalimantan, cuaca untuk Kota Banjarmasin dan Samarinda berpotensi hujan ringan, sedangkan Pontianak berpotensi terdapat asap atau kabut,” ujar dia.

Nurul meminta masyarakat waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di wilayah Tanjung Selor dan Palangkaraya.

Selanjutnya beralih ke Pulau Sulawesi, untuk Kota Gorontalo dan Palu terdapat potensi cuaca hujan dengan intensitas ringan, sementara Kendari terdapat potensi asap atau kabut, dan Makassar diprakirakan berawan.

"Waspada hujan disertai petir di wilayah Mamuju dan Manado,” tuturnya.

Selanjutnya di wilayah Indonesia bagian Timur, untuk Kota Ternate, Sorong, Nabire, Manokwari berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

"Sementara di Kota Jayawijaya, Jayapura, dan Ambon terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan," ucapnya.

Masyarakat di Kota Merauke perlu waspada adanya potensi hujan disertai petir.

Untuk suhu udara, umumnya berkisar antara 16-35 derajat Celsius dengan kelembapan udara berkisar antara 31-100 persen.

Baca juga: BNPB: 99 persen bencana di Indonesia terjadi akibat iklim dan cuaca
Baca juga: BMKG: Musim penghujan di Bengkulu terjadi hingga Februari 2025