Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat (KPU Jakpus) menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) upaya pengamanan untuk menjaga logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. "Dari sisi keamanan kita sudah juga turunkan SOP siapa saja yang nanti boleh dan bisa masuk ke tempat penyimpanan logistik Pilkada ini," kata Ketua KPU Kota Jakarta Pusat Efniadiansyah saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Efni mengatakan pihak kepolisian, TNI/Polri, dan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat juga akan melakukan pengamanan di luar area gedung penyimpanan logistik.

"Jadi mereka berjaga bukan di dalam area, jadi SOP-nya sudah kita turunkan dan insya Allah mudah-mudahan dari pengalaman Pemilu kemarin juga sudah berjalan dengan baik," ujarnya.

KPU Jakpus juga terus berkoordinasi dengan jajaran Pemerintah Kota Jakarta Pusat untuk mengantisipasi kerusakan logistik karena kebocoran atap saat hujan deras hingga hama tikus.
Hal itu dilakukan berdasarkan pengalaman Pemilu 2024 yang berlangsung Februari lalu. Menurut Efni, ada kesamaan kondisi cuaca pelaksanaan Pemilu 2024 saat itu dengan cuaca saat pelaksanaan Pilkada Jakarta 2024 nanti.

"Kita juga sudah antisipasi dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Pusat, supaya jangan sampai ada kebocoran tampias dan lain sebagainya," ujar Efni.

Baca juga: KPU Jakpus distribusikan ribuan kotak dan bilik suara Pilkada Jakarta
Adapun KPU Jakarta Pusat telah mendistribusikan 1.542 kotak suara dan 6.168 bilik suara di delapan kecamatan di Jakarta Pusat sebagai persiapan pelaksanaan Pilkada Jakarta 2024.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memastikan lokasi penyimpanan logistik untuk Pilkada Jakarta 2024 seperti kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, dan alat untuk mencoblos, bebas banjir dan terjaga keamanannya.

"Kami memilih tempat-tempat yang kami pastikan sudah dimitigasi dulu, lokasi-lokasi penyimpanan logistik jelang TPS itu adalah lokasi yang aman," ucap Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina di Jakarta, Kamis (3/10).

Gudang penyimpanan logistik di kabupaten/kota juga dipasangi kamera pengawas (CCTV) dan ini sudah sesuai standar operasi prosedur (SOP).

Baca juga: KPU Jakpus minta warga cek DPT secara online maupun tatap muka
Baca juga: Pemkot Jakpus bentuk posko bersama sukseskan Pilkada Jakarta 2024