Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyebut calon-calon menteri Prabowo Subianto bakal kembali menerima pembekalan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

“Ya nanti hari Jumat,” kata Budi Arie saat ditemui di sekitar gerbang depan kediaman Prabowo di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, menjawab pertanyaan mengenai acara pembekalan di Akmil.

Walaupun demikian, dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai detail waktu pembekalan lanjutan itu apakah Jumat minggu ini atau Jumat pekan depan setelah acara pelantikan presiden-wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

Budi Arie dan sejumlah calon menteri Prabowo lainnya sejak Rabu pagi pukul 08.00 WIB mengikuti rangkaian pembekalan di Hambalang. Kegiatan pembekalan itu, yang berlangsung selama dua hari sampai Kamis, dibuka oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Pembekalan mulai dari jam 8 pagi bicara tentang geostrategi, geopolitik, geoekonomi, dan bagaimana menyolidkan tim kabinet Prabowo-Gibran,” kata Budi Arie menjelaskan rangkaian acara pembekalan hari pertama itu.

Dia juga menyebut Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengikuti seluruh rangkaian acara hingga selesai. Walaupun demikian, Gibran dalam sesi itu tidak ikut memberikan pembekalan sebagaimana Prabowo.

Budi Arie menyebut dalam rangkaian pembekalan itu para calon menteri mendengarkan paparan mengenai tantangan-tantangan ke depan.

“Tadi (dibahas) problem geopolitik, geoekonomi, geostrategis yang terus mengalami dinamika yang sangat krusial, termasuk juga tadi ditutup bagaimana dengan program pangan dan nutrisi untuk keluarga, dan ini sesuai dengan janji pak Presiden memberi makan bergizi,” kata Budi Arie.

Dalam susunan acara pembekalan yang dibagikan oleh Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, kegiatan pembekalan itu berlangsung selama dua hari yaitu pada Rabu pukul 08.00 WIB-16.00 WIB, kemudian dilanjutkan pada Kamis pukul 09.00 WIB-16.00 WIB.

Presiden Terpilih Prabowo Subianto membuka acara pembekalan itu pada pukul 08.00 WIB, yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Dalam acara pembekalan hari pertama, para calon menteri dijadwalkan menerima materi mengenai kepemimpinan, geopolitik, kenegaraan, dan materi khusus mengenai produk domestik bruto (PDB).

Selepas materi itu, para calon menteri dijadwalkan berdiskusi dalam sesi tanya jawab, kemudian acara pembekalan hari pertama dijadwalkan berakhir pada Rabu sore kemungkinan sekitar pukul 17.00 WIB.

Kegiatan pembekalan yang sama dijadwalkan berlanjut pada Kamis (17/10) di Hambalang. Materi berikutnya yang diterima oleh para calon menteri itu mengenai kecerdasan buatan (AI), media dan komunikasi, lapangan kerja masa depan, dan materi antikorupsi.

Beberapa calon menteri yang menghadiri pembekalan di Hambalang hari ini, antara lain Yusril Ihza Mahendra, Nusron Wahid, Budi Santoso, Raja Juli Antoni, Pratikno, Budi Arie Setiadi, Yandri Susanto, Airlangga Hartarto, Natalius Pigai, Sri Mulyani Indrawati, Saifullah Yusuf, Meutua Hafid, dan Agus Harimurti Yudhoyono. Kemudian, ada juga Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Di lokasi yang sama, mantan Kepala BIN Budi Gunawan juga hadir.
Baca juga: Pembekalan calon menteri di Hambalang masih berlanjut hingga petang
Baca juga: Para calon menteri Prabowo terima pembekalan geopolitik dan ekonomi
Baca juga: Dasco sebut pembekalan calon menteri di Hambalang berlangsung 2 hari