Madiun (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun pada Kamis (17/10), mulai mengoperasikan KA Brantas relasi Blitar-Jakarta Pasarsenen PP yang menggunakan rangkaian ekonomi "New Generation" dengan jadwal keberangkatan pukul 14.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 02.51 WIB.

Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun Kuswardojo, di Madiun, Jawa Timur (Jatim), Rabu, mengatakan rangkaian kereta ekonomi New Generation pada KA Brantas tersebut berkapasitas 72 tempat duduk dan berjenis "captain seat".

"Pembaruan rangkaian KA Brantas ini adalah bentuk nyata komitmen PT KAI dalam menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi pelanggan. Dengan fasilitas yang lebih baik, kami berharap penumpang dapat menikmati perjalanan dengan lebih baik pula," ujar Kuswardojo.

Ia menjelaskan kelebihan fasilitas lainnya yang dimiliki oleh KA Brantas New Generation tersebut ialah bisa disesuaikan laju KA atau berhadapan (revolving), serta dilengkapi dengan "Public Information Display System" (PIDS) yang dapat menampilkan jam serta suhu.

"Selain itu, toilet juga didesain dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan kloset duduk serta nuansa interior lebih cerah," katanya.

Desain interior juga disesuaikan agar menyerupai kelas eksekutif, dengan nuansa lebih cerah dan modern. Bagasi lebih rapi, serta terdapat tempat ibadah di kereta restorasi yang menambah kenyamanan perjalanan penumpang.

Rangkaian KA Brantas terbaru ini terdiri dari 3 kereta eksekutif, 6 kereta ekonomi New Generation versi modifikasi, 1 kereta makan pembangkit, dan 1 kereta barang.

"Langkah ini merupakan bagian dari upaya PT KAI dalam menghadirkan transportasi yang lebih modern, efisien, dan nyaman bagi masyarakat dengan rute Blitar-Jakarta Pasarsenen PP," katanya pula.

Jadwal perjalanan KA Brantas dari Blitar menuju Pasarsenen berangkat dari Stasiun Blitar pukul 14.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 02.51 WIB. Sebaliknya, dari Pasarsenen menuju Blitar, kereta berangkat pukul 13.30 WIB dan tiba di Stasiun Blitar pukul 02.30 WIB.

Ia menambahkan, KA Brantas merupakan salah satu kereta yang paling sering digunakan oleh masyarakat di rute Jatim hingga Jakarta. Dengan pembaruan rangkaian ini, PT KAI Daop 7 berharap dapat menarik lebih banyak penumpang serta mendukung pengembangan layanan transportasi publik yang lebih aman, nyaman, dan modern.
Baca juga: KAI Daop 7 Madiun sediakan KA Tambahan Lebaran 2024
Baca juga: KAI: KA Brantas-Dharmawangsa gunakan kereta ekonomi "New Generation"