Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi dari Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Danang Syahrul menilai bahwa Universitas Jember (Unej) sudah siap untuk beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Tim dari Irjen Kemdikbudristek bertemu Rektor Unej Iwan Taruna di aula lantai 2 Gedung Rektorat dr. R. Achmad pada Rabu, selanjutnya tim akan berada di Unej hingga Jumat (18/10) untuk melihat dari dekat persiapan kampus setempat menjadi PTN-BH, termasuk memberikan pendampingan dalam mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan.

"Unej mendapatkan nilai tertinggi dari empat PTN lain yang juga mengajukan perubahan status. Nilai Unej mencapai 330,60, sehingga dipandang sudah siap berubah menjadi PTN-BH dalam waktu dekat," kata Ketua Tim Monev Danang Syahrul di Jember.

Langkah Unej bertransformasi dari Perguruan Tinggi Negeri Berstatus Badan Layanan Umum menuju PTN-BH semakin dekat karena dari penilaian yang dilakukan oleh Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kemdikbudristek, Unej merupakan yang tertinggi.

"Semua persyaratan sudah dipenuhi. Jika pun ada kekurangan, kami berharap hanya yang bersifat minor. Setelah diperbaiki, maka bisa diajukan kembali kepada Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kemdikbudristek untuk kemudian diagendakan mendapatkan visitasi ke kampus," tuturnya.

Staf ahli Kemendikbudristek Heri Fathurahman yang ikut serta dalam kunjungan itu menekankan ada lima parameter yang akan dievaluasi oleh tim Irjen Kemdikbudristek di Unej, yakni pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi, good university governance atau tata kelola universitas yang baik, kelayakan finansial, tanggung jawab sosial, dan kontribusi perguruan tinggi terhadap lingkungan sekitar.

"Kami juga akan melakukan diskusi dengan Unej terkait pengalaman-pengalaman PTN yang sudah bertransformasi menjadi PTN-BH karena banyak lesson learn dan success story yang bisa diambil," katanya.

Apalagi keunggulan, potensi, dan tantangan yang dihadapi masing-masing PTN tentu berbeda, sehingga harapannya nanti Unej siap bertransformasi menjadi PTN-BH yang unggul, bahkan melesat menjadi world class university.

Sementara Rektor Unej Iwan Taruna dalam sambutannya menegaskan kembali tekad kampusnya untuk bertransformasi menjadi PTN-BH dalam waktu dekat.

"Kesempatan pertemuan kali ini akan menjadi peluang bagi kami memperbaiki proposal dan berkas, sembari berdiskusi dengan tim Irjen Kemdikbudristek untuk langkah selanjutnya," katanya didampingi oleh para wakil rektor, kepala biro dan anggota Satuan Tugas PTN-BH Unej.

Baca juga: Muhadjir minta PTN BH kreatif cari sumber pendanaan kampus
Baca juga: Yayasan Trisakti tolak pengubahan PTS menjadi PTN-BH