Padang (ANTARA) - Sebanyak 2.140 orang murid SD dan SMP di Kota Padang Sumatera Barat menerima bantuan beasiswa dan alat tulis dari Badan Amil Zakat (Baznas).

Penjabat Wali Kota Padang Andree Algamar di Padang Rabu mengatakan, beasiswa yang diberikan Baznas tersebut sangat besar artinya bagi pelajar, yang rata-rata berasal dari keluarga kurang mampu.

"Kita berharap beasiswa ini bisa meringankan beban orang tua untuk pendidikan anak-anaknya," katanya.

Andree menilai peran Baznas Kota Padang sangat terasa dalam membantu masyarakat kurang mampu di daerah itu melalui pemberian zakat, seperti penyaluran beasiswa tersebut.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kota Padang yang konsisten dalam membantu kesejahteraan warga kota.

Kepada penerima beasiswa ia meminta agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan pendidikan. "Jangan digunakan untuk keperluan lain yang kurang penting," katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Padang Yuspardi menyebutkan, bantuan beasiswa ini bersumber dari zakat, infak, dan sedekah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Padang dan masyarakat Kota Padang.

"Untuk murid tingkat SD sederajat per orangnya menerima beasiswa sebesar Rp500 ribu ditambah satu buah tas dan alat tulis. Sementara bagi murid tingkat SMP sederajat masing-masingnya menerima sebesar Rp700 ribu yang juga disertai alat tulis. Total beasiswa yang kita salurkan sebanyak Rp1,394 miliar," katanya.

Yuspardi menambahkan, beasiswa ini disalurkan kepada pelajar SD dan SMP sederajat negeri/swasta yang ada di 11 kecamatan se-Kota Padang. Pelaksanaannya berlangsung dari 16-23 Oktober 2024 di Kantor Baznas Kota Padang.

"Hari ini perdana kita mulai penyerahan beasiswa bagi 220 pelajar tingkat SD dan SMP sederajat yang ada di Kecamatan Kuranji. Setelah ini dilanjutkan bagi peserta didik dari kecamatan lainnya sesuai jadwal yang ditetapkan," katanya.*