Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, Provinsi Aceh, melalui Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan menurunkan tim menangani serang hama terhadap tanaman kelapa di kabupaten Kepulauan tersebut.

"Kami menurunkan tim untuk menangani serangan hama terhadap tanaman kelapa di Teupah Selatan," kata Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Simeulue Hasrat Abubakar di Simeulue, Rabu.

Sebelumnya, puluhan hektare tanaman kelapa di Desa Pasti Tinggi, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, diserang hama.

Serangan hama tersebut menyebabkan daun tanaman kelapa berlubang dan menguning. Jumlah produksi buah tanaman kelapa yang diserang hama tersebut menurun drastis.

Menurut Hasrat Abubakar, hama yang menyerang tanaman kelapa tersebut dengan sebutan artona. Hama artona adalah ulat pemakan daun yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada tanaman kelapa.

"Tim sedang bekerja menangani serangan hama tersebut. Kami berharap serangan hama artona tersebut dapat tertangani dengan baik," kata Hasrat Abubakar.

Sementara itu, Rosban, petani di Desa Pasir Tinggi, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, mengatakan puluhan hektare tanaman kelapa di daerah tersebut diserang hama.

"Serangan hama ini sudah terjadi sejak setahun terakhir. Ada ratusan pohon kelapa yang diserang hama. Kami sudah melaporkan kasus ini kepada pemerintah kecamatan," katanya.

Camat Teupah Selatan Aleksander mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan petani terkait serangan hama tanaman kelapa. Pihak kecamatan juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Kami sudah menyampaikan keluhan petani terkait serangan hama pada tanaman kelapa tersebut. Kami berharap hama tersebut dapat diatasi karena tanaman kelapa merupakan sumber pencarian petani setempat," kata Aleksander.

Baca juga: Pemkab Simeulue latih puluhan pemuda tingkatkan kompetensi kerja
Baca juga: Pemkab Simeulue salurkan 71 pompa air bantu sawah kekeringan