Cianjur (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) kembali mengevakuasi 17 ekor buaya di penangkaran di Kampung Gunung Calung, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ke BKSDA Sumatera Selatan.

Kepala Bidang KSDA Wilayah I Bogor Diah Qurani Kristina di Cianjur, Rabu, mengatakan pihaknya belum dapat memastikan jumlah buaya yang ada di dalam kolam penangkaran yang lima ekor di antaranya sempat kabur karena tembok penangkaran yang jebol.

"Kami belum bisa memastikan berapa ekor buaya yang ada di dalam kolam penangkaran tersebut, saat ini petugas dibantu warga dan pegawai sedang berupaya menguras air kolam agar memudahkan proses evakuasi," katanya.

Namun saat ini ungkap dia, baru 17 ekor yang berhasil dievakuasi dan segera dipindahkan ke penangkaran BKSDA Sumsel, sedangkan rencananya seluruh buaya yang ada di penangkaran akan dipindahkan ke tempat yang sama.

Berbeda dengan lima buaya kabur yang sebelumnya sudah dievakuasi ke pusat penyelamatan satwa Cikananga, Kabupaten Sukabumi, meski sebelumnya petugas dibantu petugas gabungan membutuhkan waktu cukup lama karena buaya yang kabur berukuran lebih dari lima meter.

"Harapan kami hari ini sudah bisa diketahui berapa total buaya yang ada di dalam kolam, dan semua akan dievakuasi ke Sumsel dalam beberapa hari ke depan," katanya.

Sementara proses evakuasi cukup memakan waktu karena petugas harus menguras kolam penangkaran karena buaya yang disebut berjumlah puluhan ekor itu memilih bersembunyi di bawah permukaan air, sehingga menyulitkan petugas.

Bahkan petugas juga cukup disulitkan dengan pengurasan karena debit air dalam kolam cukup tinggi, meski dua pompa air digunakan sejak pagi hingga Rabu petang.

"Kami upayakan dalam dua hari ke depan seluruh buaya yang ada di dalam kolam sudah dapat dievakuasi sambil menunggu air kolam surut," katanya.

Baca juga: BKSDA evakuasi 5 buaya ke pusat penyelamatan satwa Cikananga
Baca juga: Tim gabungan penyelamatan hewan pastikan tidak ada buaya berkeliaran