Jakarta (ANTARA) - Veronica Tan turut hadir dalam pertemuan yang diadakan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto di rumahnya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10).

Kehadiran Veronica menambah panjang daftar tokoh yang diundang Prabowo. Di dalam acara itu dirinya disebut-sebut akan menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Menteri PPPA.

Veronica Tan adalah wanita kelahiran Medan pada 4 Desember 1977 dia dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap kesejahteraan ibu dan anak. Setelah pertemuannya dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto, dia menyampaikan bahwa dirinya diminta untuk membantu pemerintahan mendatang di bidang ini, sebuah tanggung jawab yang sangat dia pahami.

Veronica Tan menikah dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta, pada 6 September 1997.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai tiga anak: Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong dan Daud Albeenner Purnama. Setelah bercerai pada awal 2018, Veronica mulai terjun ke dunia bisnis dengan mengelola usaha daging sapi impor bernama Alpha Agro Indonesia.

Memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, Veronica menempuh pendidikan di jurusan Arsitektur di Universitas Pelita Harapan (UPH), namun selama perjalanan hidupnya dirinya banyak berkaitan dengan pelayanan masyarakat.

Salah satu dedikasinya yang menonjol adalah melalui Yayasan Waroeng Imaji, sebuah inisiatif yang dia dirikan untuk mendukung anak-anak yang tinggal di rumah susun di Jakarta.

Pada tahun 2017, dia mengajak 200 anak dari rusun untuk tampil dalam operet berjudul Aku Anak Rusun - Selendang Arimbi, sebagai bagian dari upayanya mendorong impian anak-anak tersebut dalam seni teater, musik dan pertunjukan.

Selain itu, Veronica pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta.

Dia juga sempat menjalankan usaha produksi alat PCR untuk mendeteksi COVID-19 yang bekerja sama dengan Kalgen Innolab. Di tengah aktivitasnya, Veronica terus menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama ibu dan anak.

Itulah mengapa peran yang ditawarkan kepadanya dalam pemerintahan Prabowo menjadi sangat relevan dengan pengalaman serta kepeduliannya selama ini.

Baca juga: Sosok Christina Aryani, Srikandi RUU TPKS bakal kabinet Prabowo

Baca juga: Profil Bima Arya, calon yang digadangkan ikut di kabinet Prabowo

Baca juga: Profil Meutya Hafid, disinyalir bakal calon menteri di Kabinet Prabowo