Jakarta (ANTARA) - Akademi Seni-Bela Diri Karate Indonesia (ASKI) mengirim 12 karateka, terdiri dari tujuh atlet dan lima ofisial, untuk bersaing di Kejuaraan Dunia Gichin Funakoshi 2024 atau 16th Gichin Funakoshi Cup 2024 yang berlangsung di Tokyo, Jepang mulai 18 Oktober.


Dalam kejuaraan tersebut kontingen ASKI juga berkesempatan mengikuti dua agenda yakni Special International Seminar berupa latihan khusus bagi para instruktur. Lalu agenda selanjutnya berupa World Championship Tournament yang merupakan Kejuaraan Dunia Gichin Funakoshi Cup ke-16 tahun 2024 atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Shoto World Cup.

"Saat Kejurnas ASKI pada Mei, kami berjanji untuk mengirimkan empat pemenang Best of the Best ke Kejuaraan Dunia Gichin Funakoshi Cup ke-16 tahun 2024 di Tokyo, Jepang," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Akademi Seni-Bela Diri Karate Indonesia (PP ASKI) Syaifullah Nasution dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu.

"Ini adalah wujud komitmen dan bentuk usaha bahwa ASKI ingin mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki serta mampu menjalankan program kerja yang unggul meski terhitung sebagai pendatang baru," imbuh Syaifullah Nasution.

Syaifullah Nasution mengungkapkan ASKI yang merupakan satu-satunya perguruan karate di Indonesia yang resmi berafiliasi langsung dengan Japan Karate Association (JKA) dan telah melangsungkan berbagai rangkaian kegiatan di antaranya mendatangkan Senior Manager Director Japan Karate Association Head Quarters (JKA-HQ) Word Federation Seizo Izumiya-DAN VIII JKA dalam Seminar Nasional Karate di Jakarta.

PP ASKI juga baru saja menghadirkan instruktur dari Japan Karate Association HQ Tatsuya Naka-DAN VII JKA untuk memimpin rangkaian kegiatan Master Camp 2024 yang merupakan acara seminar Karate dan ujian DAN JKA di Bogor dan Jakarta.

Dengan telah dibekalinya materi dan pelatihan, Syaifullah Nasution berharap kontingen Tim Nasional PP ASKI dapat memanfaatkan momentum bersaing di kompetisi dunia tersebut dengan semaksimal mungkin.

Nantinya kontingen Merah Putih akan mengikuti International Joint Training Camp (Autumn) pada 18-20 Oktober bertempat di HQ Dojo. Kemudian pada 25-27 Oktober sebanyak tujuh atlet akan berlaga di Funakoshi Gichin Cup 16th Karate World Championship Tournament 2024 di Takasari Arena.

Baca juga: IADO berharap karate pertahankan prestasi zero doping

Tim sekaligus Ketua Dewan Guru PP ASKI Shihan Ucok Marisi Sihotang mengungkapkan bahwa pada kejuaraan kali ini, PP ASKI menargetkan dua medali emas.

"Melihat peluang yang ada, kami optimistis mampu meraih dua medali emas dari nomor kumite. Semoga momentum ini menambah pengalaman dan motivasi bagi pengembangan ASKI ke depan," ungkap Ucok Marisi.

Ucok Marisi telah mengikuti kejuaraan dunia tersebut selama lima kali berturut-turut, terakhir pada 5th Shoto World Cup Philadelphia, USA, 1994.

Berikut data lengkap kontingen PP ASKI yang diberangkatkan ke 16th Gichin Funakoshi World Cup 2024, Tokyo:
1. Dr. Marisi Zainuddin Sihotang S.H, M.M (Penanggung Jawab Tim)

2. Agus Suwardi, S.E (Manajer)

3. Dian Utami Dradjat (Wakil Manajer)

4. Irwansyah Ginting (Pelatih Kepala)

5. Aryani Cipta Dewi, S.E (Pelatih)

6. Nanang Kadriansyah (Atlet)

7. Fiftaria Amelza (Atlet)

8. Muhammad Albarra Aria Suwardi (Atlet)

9. Nathaniel Abimanyu (Atlet)

10. Nindya Kirana Paramitha (Atlet)

11. Muhammad Athhar Aria Suwardi (Atlet)