Jakarta (ANTARA) - Budi Santoso termasuk ke dalam 49 tokoh yang menghadiri undangan di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, di kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

Undangan tersebut berkenaan dengan persiapan untuk mengisi pos kementerian sebagai kandidat menteri dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029. Mengingat pelantikan Presiden RI 2024 akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024.

Lantas siapakah sosok Budi Santoso yang masuk radar kandidat menteri pemerintahan baru Prabowo Subianto?

Budi Santoso merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) di Kementerian Perdagangan (Kemendag). Dirinya dilantik oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sebagai Sekjen Kemendag pada 14 Agustus 2024.

Sebelum dilantik sebagai Sekjen, pria kelahiran 9 Februari 1968 itu, pernah menjabat beberapa posisi di lingkungan Kementerian Perdagangan. Melansir laman Kemendag, Budi Santoso pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri pada Desember 2022-Agustus 2024.

Kemudian, pada September 2020-Desember 2022 dirinya menjabat sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei dan pernah menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan pada Juni 2020-September 2020.

Pada tahun 2010, Budi Santoso menduduki jabatan sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan dirinya dipromosikan menjadi Atase Perdagangan India.

Sekembalinya dari India, Budi Santoso diangkat sebagai Kepala Bagian Program dan Kerjasama pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Pada kesempatan itu, Budi Santoso menjabat di berbagai jabatan Eselon II di lingkungan Kementerian Perdagangan seperti Kepala Pusat Data dan Informasi tahun 2017, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi tahun 2017, serta Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian tahun 2018.

Selain itu, Budi Santoso juga menjabat sebagai Komisaris Utama Holding BUMN pangan, ID FOOD. Dirinya ditetapkan sebagai Komisaris Utama PT RNI (Persero) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) No. SK 174/MBU/07/2023.

Dari segi pendidikan, Budi Santoso memiliki latar belakang pendidikan Sarjana (S1) Komunikasi Massa di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Kemudian, dirinya melanjutkan pendidikan Magister (S2) Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia dan kembali melanjutkan pendidikan S3 atau Doktor Ilmu Komunikasi di Universitas Sahid.

Baca juga: Profil Hanif Faisol Nurofiq, kandidat menteri di kabinet Prabowo

Baca juga: Profil Erick Thohir, Menteri BUMN Jokowi calon menteri Prabowo

Baca juga: Profil Rachmat Pambudy, calon kuat menteri dalam kabinet Prabowo